Sekilas Info

Di Desa Bangun, Setelah Bukit Pengawang Menyusul Bukit Tuja Semirah dan Bukit Tempurung Segera Di Enclave PT. KAP

Kenangan Saat Deklarasi Enclave Bukit Pengawang Tahun 2014 Silam.

SINTANG | SenentangNews.com – Sinergi antara masyarakat desa Bangun kecamatan Sepauk dengan pihak PT. Kencana Alam Permai (KAP) boleh menjadi contoh. Bukan hanya sukses dalam hubungan kemitraan, juga sukses dalam hal komitmen yang terkait pelestarian alam setempat.

Hal ini terungkap saat berbincang dengan Kepala Desa Bangun Heronimus Imus, Selasa (26/4/2022) malam di Sintang. Dikisahkan Imus, bahwa di bulan November 2014 silam areal Bukit Pengawang oleh PT. KAP telah di enclave menjadi hutan konservasi.

Heronimus Imus Kepala Desa Bangun kecamatan Sepauk

“Deklarasinya enclave dilaksanakan langsung di lereng Bukit Pengawang serta disaksikan Kepala Desa, Pemangku Adat dan warga setempat. Deklarasi ini dihadiri juga oleh Forkopimcam Sepauk. Saat itu saya belum menjadi Kepala Desa, masih eranya Pak Daniel,” terang Imus.

Imus menambahkan, bahwa dalam waktu dekat akan ada dua buah bukit lagi di desa Bangun yang akan di enclave oleh PT. KAP. Yakni Bukit Tuja Semirah dan Bukit Tempurung. Meskipun ketiga bukit tersebut baik yang sudah di enclave maupun yang baru akan di enclave berada ditengan HGU perusahaan.

Saat ditanya terkait sisa hutan yang masih dipertahankan di desa Bangun, dijelaskan Imus sedikitnya masih ada 588 Hektar. Jumlah itu tidak termasuk hutan-hutan kecil yang dipertahankan warga untuk pengembangan kebun kemitraan.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas