Sekilas Info

Disaksikan Bupati dan Tiga Kadis, Raja Swa Terima Konversi dan Bagi Hasil Kemitraan Dari PT KAP

Saat Penandatangan Akad Kredit.

SINTANG | SenentangNews.com – Bertempat di Pendopo Bupati Sintang, Senin (25/4/2022) sore PT Kencana Alam Permai (KAP) mengkonversi lahan kebun untuk 78 petani kelapa sawit anggota Koperasi Raja Swa. Dalam acara ini sekaligus dilakukan penandatanganan Akad Kredit dan penyerahan uang Bagi Hasil Kemitraan Tahap II sebesar Rp. 705 juta lebih.

Hari bersejarah bagi Raja Swa ini, disaksikan oleh Bupati Sintang Jarot Winarno dan tiga Kepala Dinas (Kadis) di lingkup Pemerintah Kabupaten Sintang, Kadis Pertanian Elisa Gultom, Kadis Perindagkop UKM Arbudin dan Kadis DPMPTSP Erwin Simanjuntak.

Saksi lainnya adalah Kepala Desa (Kades) Bangun kecamatan Sepauk Heronimus Imus yang juga salah satu pendiri Raja Swa. Juga turut menjadi saksi, tokoh asal kecamatan Sepauk Stefanus Ansai.

Penyerahan Bagi Hasil Kemitraan Secara Simbolik Oleh Jarot Winarno.

Para pihak dalam Akad Kredit terdiri dari manajemen PT. KAP Imanuel Tibian dan Joner Silaen dengan Ketua Raja Swa Darius Anu, dan sebagai saksi dalam lembar akad adalah Jarot Winarno selaku Bupati Sintang. Dalam kegiatan ini Darius Anu membawa serta belasan orang anggotanya.

PT KAP adalah perusahaan dalam naungan PT Duta Satya Nusantara (DSN) Group bersama empat perusahaan lainnya, yakni PT. Prima Sawit Andalan, PT. Dharma Persada Sejahtera, PT. Agro Andalan dan PT. Mita Nusa Sarana.

Dalam acara yang dimulai pukul. 16.30 ini, Imanuel Tibian melaporkan sejarah terjadinya kemitraan antara PT KAP dan Raja Swa, serta seperti apa sistim kemitraan antara PT. KAP dengan Raja Swa. Dilaporkan juga program-program lainnya kedepan.

Terkait keseimbangan lingkungan hidup, dilaporkan Imanuel Tibian rencana meng-enclave Bukit Tempurung dan Bukit Tuja Semirah. Sementara enclave Bukit Pengawang sudah dilakukan pada tahun 2014 silam.

“Terkait bagi hasil kemitraan Ini, yang ini adalah bagi hasil Tahap II. Jika disatukan dengan bagi hasil Tahap I jumlahnya sekitar Rp. 1,5 Miliar,” ungkap Imanuel Tibian.

Melengkapi laporan Imanuel Tibian, Darius Anu turut menambahkan riwayat betapa tidak mudah membangun kepercayaan dari pihak perusahaan. Karena punya lahan namun tidak punya modal. Proposal pun tidak serta merta mekeyakinan perusahaan.

Ketua Raja Swa ini cukup terkejut atas hasil pemeriksaan pihak Dinas Pertanian Kabupaten Sintang. Dimana nilainya jika terus dipacu dapat mendorong untuk lebih mudah menuju ISPO.

Para Kadis Elisa Gultom, Erwin Simanjuntak dan Arbudin pun sebagai pimpinan instansi-instansi terkait, turut memberikan apresiasi, utamanya terkait dengan sistim kemitraannya.

Kades Bangun Heronimus Imus sebagai salah satu pendiri mengucapkan terima kasih atas perhatian dukungan Bupati Sintang. Dimana menurutnya saat panen perdana dan pada saat Rapat Anggota Tahunan selalu dihadiri oleh Bupati Sintang.

"Terkait masih terjaganya hutan, di desa Bangun masih terjaga seluas 588 Hektar," terang Heronimus

Sambutan Jarot Winarno yang harus digarisbawahi antara lain, bahwa Raja Swa dapat menjadi contoh. Desa Bangu adalah Desa Koperasi karena di sana selain ada Raja Swa ada juga Koperasi Produsen Bui Nasi yang juga binaan PT. KAP.

“Meski di sana ada perkebunan, namun warga Bangun dan pihak perusahaan dapat menjaga hutannya,” ucap Jarot.

Jarot juga sempat mengungkapkan situasi saat ini, terkait stop ekspor CPO dan anjlognya harga TBS, menurutnya itu hanya bersifat sementara.

Para Pihak dan Para Undangan Foto bersama Dengan Bupati Sintang.

Seusai acara, kemudian dilanjutkan dengan foto bersama dan acara berbuka puasa bersama.

Sekilas Tentang Koperasi Raja Swa

Koperasi Raja Swa yang berpusat di desa Bangun kecamatan Sepauk kabupaten Sintang, adalah salah satu binaan PT. Kencana Alam Permai. Sebetulnya ada lima koperasi binaan yang didirikan hampir secara bersamaan waktunya. Ke empat koperasi lainnya adalah Bui Nasi, Betung Jaya, Kelangan Bersatu dan Mutiara Kujau.

Ke lima koperasi tersebut melakukan tanam perdana serentak pada 27 oktober 2014 yang kegiatannya dipusatkan di desa Bangun disaksikan Bupati Sintang saat itu Milton Crosby. Kemudian pada tanggal. 23-24 April 2015, telah mengikuti Pelatihan Tata Kelola Koperasi kerjasama antara DSN Group dengan KSP CU Keling Kumang.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas
error: Content is protected !!