Sekilas Info

Razia THM di Sintang, Ratusan Pengunjung Diamankan, 1 Orang dinyatakan Positif Narkoba

Petugas gabungan saat menggelar Razia di salah satu tempat hiburan malam di kota sintang. Foto Anwar Propokim Sintang

SINTANG | SenentangNews.com- Personel gabungan dari Satpol PP Sintang Denpom, BNNK Sintang, dan Koramil, menggelar razia dengan sasaran tempat hiburan malam (THM) yang ada di kawasan Kota Sintang untuk menjaga kamtibmas yang kondusif selama Ramadan dan menjelang Idul Fitri.

Razia yang dimulai Kamis 21 April dini hari tersebut berhasil mengaman ratusan pengunjung tempat hiburan malam karena tidak mempunyai identitas dan untuk dimintai dimintai keterangan.

Kapolres Sintang, AKBP Tommy Ferdian mengatakan, dalam kegiatan tersebut tim gabungan fokus pada pusat aktivitas masyarakat pada malam hari selama bulan ramadhan.

Dari operasi yang kita lakukan bersama tim gabungan hasilnya diamankan 1 orang positif narkoba, beberapa dus minuman keras serta orang tanpa identitas,”kata Tommy.

Pada razia itu, petugas memeriksa seluruh warga di dalam THM, baik para tamu maupun pemandu, termasuk pengelola THM tersebut dimintai identitasnya dan pemeriksaan urine.

“Razia gabungan dimaksud, sasarannya pada aktivitas masyarakat yang mengundang kerawanan kamtibmas khususnya dibulan ramadhan ini,”ungkap Tommy.

Terpisah Sekretaris Satpol PP Sintang, Siti Musrikah menuturkan bahwa razia tempat hiburan untuk menindaklanjuti Surat Edaran Bupati Sintang mengenai jam buka tempat hiburan malam selama bulan suci Ramadhan.

“Tadi kami merasa dipermainkan saat masuk ke Angel. Saat kami suruh tutup, mereka bilangnya tutup. Ketika bergerak ke tempat lain, kita dapat informasi bahwa Angel buka lagi. Saat kami datang lagi, kita temukan ratusan orang di dalam. Mereka langsung kita bawa ke Satpol PP,”katanya.

Dengan adanya kondisi tersebut, kata Siti, selaku petugas merasa dipermainkan. Sebab katanya sesuai surat edaran yang diamksud para pengelola diharapkan mematuhinya. “Jelas ini sangat melanggar. Kami tidak dihargai,” ucapnya.

Atas kejadian ini Siti juga mengaku miris saat melihat pengunjung tempat hiburan malam adalah anak muda.

“Tadi kita banyak temukan anak muda. Tentu ini yang membuat miris kita. Kalau sudah begini kan kasian anak muda SIntang. dengan razia ini kami ingin menyelamatkan generasi muda SIntang,”pungkasnya.

Penulis: Oktavianus Beny