Sekilas Info

Permudah Layanan Kegawatdaruratan, Kominfo Sintang Jajaki Penyediaan Layanan Call Center 112

Pemkab Sintang menggelar zoom metti g dengan PT. Jasnita Telekomindo di Command Center kantor bupati, Kamis ( 7/4/2022)

SINTANG I SenentangNews.com- Portal layanan Darurat 112 di Kabupaten Sintang bakal diterapkan. Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sintang saat ini masih menjajaki peluang kerjasama penyediaan Layanan Call Center 112 dengan PT. Jasnita Telekomindo Jakarta.

Melalui layanan darurat 112 ini, nantinya masyarakat pun dapat menggunakan layanan call center itu dalam kondisi mendesak atau darurat. Sebab, layanan darurat tersebut segera diinformasikan kepada masyarakat secara masif.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sintang Kurniawan menyampaikan sudah saatnya Kabupaten Sintang menyediakan layanan Call Center 112 dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Sintang.

“Penyediaan layanan Call Center 112 kebutuhan pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sintang saat ini dan ke depannya. Tujuannya adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan cepat, murah dan terkoordinasi dengan baik,"kata Kurniawan.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Syarief Yasser Arafat, menyambut baik kerjasama layanan darurat 112 di bumi senentang.

"Layanan ini yang ditawarkan ini sangat menarik bagi masyarakat Sintang. Sebab Penerapan layanan kegawatdaruratan ini menjadi bagian dari peningkatan layanan pengaduan berbasis aplikasi,"kata Yasser.

Perwakilan PT. Jasnita Telekomindo Wahyu Prasetyo mengatakan Layanan Call Center 112 merupakan bagian dari implementasi Smart City, khususnya pada pilar Smart Governance dan Smart Living. Jasnita Sebagai bagian dari inisiatif smart City Indonesia, mendukung pemerintah dalam mengoperasikan 112 hotline darurat nasional.

"Kami bekerja sama dengan Pemerintah kabupaten/kota untuk memberikan solusi yang terbaik. Manfaat NTPD 112 adalah masyarakat mudah melaporkan kejadian darurat di sekitarnya 24 Jam 7 hari, Pemerintah daerah hadir saat masyarakat menghadapi kejadian darurat, Tingkat kepuasan dan kepercayaan masyarakat kepada Pemerintah daerah semakin meningkat,"katanya.

Menurutnya tujuan Call Center112 adalah memudahkan masyarakat dalam melakukan pelaporan kondisi darurat, mempercepat penanganan kondisi darurat oleh satuan terkait serta mengurangi resiko terhadap gangguan dari masing-masing individu.

"Keunggulan Nomor112 adalah berstandard Internasional, mudah diingat, GRATIS, Bebas pulsa dari PSTN maupun Selular, dan nomor default untuk Panggilan Darurat di setiap ponsel yang terdaftar di Indonesia,"bebernya.

Untuk diketahui PT Jasnita Telkomindo merupakan perusahaan swasta nasional, berdiri sejak tahun 1996. Terdaftar di Bursa Efek Indonesia sejak bulan Mei 2019. PT Jasnita Telkomindo
sudah membuat call center di 21 Propinsi dan 71 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Penulis: Oktavianus Beny