Sekilas Info

DPRD Sintang Berikan Rekomendasi Terhadap PT Julong Group

Rapat kerja DPRD bersama tim TP3K dengan PT Julong grup bersama perwakilan masyarakat

SINTANG I SenentangNews.com- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang memutuskan memberikan 10 rekomendasi yang ditujukan kepada pemerintah Daerah dan Julong Group Indonesia area Sintang. Rekomendasi tersebut terkait aksi massa yang menyampaikan 17 tuntutan yang berujung aksi pemblokiran jalan dan penyegelan kantor belum lama ini.

10 rekomendasi yang dikeluarkan wakil rakyat sebagai ruang komunikasi untuk membantu mempercepat proses penyelesaian tertuang dalam Rapat dengar pendapat antara pemerintah daerah bersama pihak PT Julong grup, Jumat (1/4) lalu.

Konsultan komunikasi PT Julong grup, Fathan Sembiring menyambut baik rekomendasi yang telah dibuat oleh DPRD Kabupaten Sintang. Menurutnya Julong Group Indonesia area Sintang mengapresiasi DPRD Kabupaten Sintang yang telah berkenan menjadi tempat mediasi dan konsultasi bagi perusahaan, dan akhirnya dapat memberikan rekomendasi dalam proses penyelesaian.

"10 rekomendasi tersebut membuat perusahan merasa lebih percaya diri untuk kembali melanjutkan operasionalisasi kebun dan pabrik yang sempat terhenti,"kata Fathan melalui ketengan tertulisnya yang diterima media ini, Rabu (6/4/2022).

Menurut Fathan DPRD Kabupaten Sintang dalam rekomendasinya menekankan pengambilan peran secara proporsional oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang maupun oleh Julong Group Indonesia area Sintang. Artinya, proses penyelesaian yang komprehensif hanya dapat dilakukan secara simultan oleh para pihak yakni oleh pemerintah kabupaten dan perusahaan.

"Dengan kajian yang cermat, maka DPRD Kabupaten Sintang menilai 17 tuntutan tidak semuanya merupakan domain dan beban pihak perusahaan, namun dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang juga diperlukan untuk mempercepat proses penyelesaian,"jelasnya.

Selanjutnya, kata Farhan rekomendasi juga mengedepankan fungsi pengawasan oleh pemerintah desa. Masyarakat dan para tokoh formal dan informal juga diminta unutk untuk mengedepankan langkah-langkah yang sesuai dengan mekanisme dan aturan yang berlaku dalam menuntut keadilan atau menyampaikan aspirasi untuk menghindari terjadinya permasalahan baru.

"Pada bagian akhir rekomendasi, DPRD Kabupaten Sintang tegas menyebutkan bahwa sebagai wakil rakyat akan mendukung, dan fasilitasi penyelesaian masalah yang terjadi antara perusahaan dan masyarakat. Pelaksanaan poin-poin rekomendasi yang ditujukan baik kepada pemerintah daerah maupun kepada pihak perusahaan akan dievaluasi setiap bulan untuk mengawasi perkembangannya,"jelas Farhan.

Oleh karena itu, lanjut Farhan Julong Group Indonesia area Sintang merasa siap untuk menjalin kerja sama dan berkomunikasi dalam proses pelaksanaan rekomendasi tersebut sesuai dengan mekanisme dan peraturan perundangan yang berlaku. "Sehingga segala bentuk investasi dan operasionalisasi perusahaan dapat membawa keuntungan bagi masyarakat Sintang yang lebih baik lagi kedepannya,"pungkasnya.

Penulis: Oktavianus Beny