Sekilas Info

Tahun 2022 Ini KSP CU Keling Kumang Mutasi & Promosi 199 Aktivis

SUASANA PELANTIKAN. Saat Para Pemangku Jabatan Diambil Sumpah dan Janji.

SEKADAU | SenentangNews.com – Mutasi dan Promosi aktivis sudah menjadi agenda tetap tahunan di KSP CU Keling Kumang (KSP CUKK). Tradisinya Surat Keputusan (SK) nya selalu dibuat pada bulan Maret dan pelantikannya dilakukan pada bulan April.

Menurut catatan SenentangNews.com sejak tahun 2019, Mutasi dan Promosi di KSP CUKK pada tahun 2019 ada 300 orang, di tahun 2020 ada 207 orang, di tahun 2021 ada 197 orang. Dan untuk tahun 2022 ini ada 199 orang. Jumlah tersebut sudah termasuk para pemangku jabatan mulai dari level Branch Manager, Area Manager, Departement Head hingga tingkat Deputi.

Dalam acara Serah Terima Jabatan dan Sumpah/Janji Jabatan dan Pelantikan di tanggal. 1 April 2022 ini, melibatkan dua rohaniawan Pastor ID Kristianto Anggah Kusuma Putra dan Pdt. Ezra Ranti, MTh. Kedua rohaniawan ini juga akan memberikan materi penguatan kepada para aktivis di penutup acara.

BAGIAN DARI PELANTIKAN. Serah Terima Koperasi Jasa KKTJ Dari Deputi II Hilarius Gimawan Kepada Deputi III Paulus Miki.

Menurut Human Resource Management Head KSP CUKK Kenedi Tian, Jumat (1/4/2022), yang melakukan Serah Terima Jabatan dan Sumpah/Janji Jabatan dan Pelantikan di Kantor Pusat KSP CUKK di Tapang Sambas, hanya untuk para pemangku jabatan dan para Acountant.

“Seperti pelantikan pada hari ini, meski datanya 199 orang yang hadir di Tapang Sambas hanya 40 orang. Dalam mutasi ini ada juga kelompok pengabulan permohonan dan atas dasar pertimbangan lokasi dan masa kerja, karena terlalu jauh dari keluarga. Ini diberikan kepada staf yang sudah mengabdi beberapa tahun,” terang Kenedi Tian.

Chief Executive KSP CUKK Valentinus pada intinya mengatakan, bahwa untuk sampai ke jabatan-jabatan ini semua berproses dan tidak ada yang instant. Tidak ada yang ujug-ujug menjabat jabatan tertentu. Khusus Dalam hal mutasi, menurutnya petanya sudah mirip sistim zonasi di sekolah-sekolah.

Valentinus juga berbicara tentang pentingnya adaptasi di tempat jabatan yang baru, serta memaparkan beberapa kriteria seorang leader dan seorang pemimpin.

Menurut Board of Director Stefanus Masiun, hari ini adalah dimulainya kembali proses regenerasi, kaderisasi dan penyegaran organisasi. Regenerasi karena ada generasi yang berada di bawah yang harus terus naik. Kaderisasi, yang tadinya belum dipercaya menjadi Manager BO sekarang menjadi Manager BO. Yang tadinya belum dipercaya menjadi Area Manager sekarang menjadi Area Manager dan lain-lainnya.

“Pada dasarnya pemimpin harus dilahirkan bukan terlahir sebagai pemimpin, meski ada pengecualian misalnya seperti seorang putera mahkota dan Presiden Cory Auqino seorang ibu rumah tangga. Tidak pernah belajar kepemimpinan namun akhirnya menjadi pemimpin,” kata Stefanus Masiun.

Karena CEO pada waktunya harus diganti. Hasil keputusan pengurus baru-baru ini, bahwa calon CEO kedepan harus pernah menjabat di berbagai bidang, termasuk jabatan di luar KSP CUKK dan harus mampu berbahasa Inggris aktif.

Masih secara panjang lebar Stefanus Masiun berbicara tentang esensi dari kegiatan ini. Tentang leader dan pemimpin dan tentang pengembangan pribadi, yang pada akhirnya juga menjurus kepada penguatan dan motivasi bagi para aktivis.

Secara keseluruhan acara ini terbagi dalam pembacaan Surat Keputusan CEO, pembacaan pernyataan kode etik aktivis, pelantikan dan serah terima jabatan. Dilanjutkan dengan sambutan para perwakilan semua pemangku jabatan yang dilantik dan dipungkas dengan penguatan oleh rohaniawan.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas
error: Content is protected !!