Sekilas Info

Tambah Branch Office Di Sosok

CU Keling Kumang Diminta Buka Pelayanan Di Kota Tayan, Pintu Utama Kalbar Ke IKN Nusantara

Detik Detik Pembukaan Selubung Papan Nama KSP CU Keling Kumang BO Sosok Oleh Asisten III Setda Sanggau.

SANGGAU | SenentangNews.com – “Kita ketahui bahwa perkembangan KSP CU Keling Kumang begitu pesat sehingga memiliki anggota dan modal usaha yang besar, dan telah memberikan kontribusi signifikan terhadap perkembangan ekonomi masyarakat, khususnya di kabupaten Sanggau.” Begitu, sambutan tertulis Bupati Sanggau Paolus Hadi yang dibacakan Asisten III Setda Sanggau Sophiar Juliansyah.

Hal tersebut disampaikan pada acara peresmian branch office (BO) KSP CU Keling Kumang (KSP CUKK) di Sosok kecamatan Tayan Hulu, Selasa (15/3/2022).

Pemulihan ekonomi nasional saat ini, tidak lepas dari peran gerakan koperasi yang mampu melakukan adaptasi secara cepat. Sektor ini dapat menjalankan operasional dan meningkatkan kinerja demi mendukung roda perekonomian di daerah. Kantor pelayanan di Sosok ini, adalah kantor yang ke 67 KSP CUKK di Kalimantan Barat. Artinya, sudah semakin banyak masyarakat yang merasakan manfaat kehadiran KSP CUKK.

Paolus Hadi menambahkan, KSP CUKK punya beban moral untuk melakukan pendidikan dan supervisi terhadap anggota. Sehingga anggota dapat menjadi mandiri. Juga harus menjaga jati dirinya sebagai CU. Paolus Hadi juga mengulas tentang ekosistem digital. Menurutnya, beberapa produk KSP CUKK telah berbasis digital, seperti Keling Kumang Mobile, Virtual Account, ATM Tanpa Kartu dan lain-lain.

“Merupakan bukti, bahwa lembaga yang merupakan lembaga pemberdayaan anggota ini dapat membangun platform system pembayaran sendiri melalui aplikasi,” kata Paolus Hadi.

Suasana Saat Berlangsungnya Acara Peresmian BO Sosok.

Selain Asisten III, turut hadir di acara ini Kepala Dinas Perindagkop-UKM Kabupaten Sanggau Syarif Ibnu Marwan Alqadrie, Camat Tayan Hulu Inosensius Nono dan Forkopimcam Tayan Hulu lainnya, serta para anggota dan Kelompok Inti BO Sosok.

Camat Inosensius mengungkapkan bahwa sebagai indikator berkembangnya perkonomian di suatu wilayah, dapat dilihat dari hadirnya sejumlah bank dan lembaga keuangan non bank. Inosensius bahkan mengusulkan agar KSP CUKK membuka pelayanan di Tayan Hilir. Kota Tayan adalah pintu utama Kalimantan Barat menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Sementara menurut CEO KSP CU Keling Kumang Valentinus, BO Sosok adalah BO ke 67 yang ada di KSP CUKK. BO Sosok adalah hasil pengembangan dari BO Sanggau, atas dasar permintaan anggota dan telah lolos survei.

“Kita berharap BO Sosok bisa menjawab kebutuhan anggota diwilayah Sosok dan Batang Tarang. Saat ini BO Sosok sudah memiliki anggota 153 orang dengan aset Rp. 300 juta. Diharapkan dalam lima tahun kedepan BO Sosok terus berkembang pesat. Sosok adalah tempat yang strategis untuk pengembangan CU, ini sesuai hasil survei yang dilakukan KSP CUKK sebelum membuka BO Sosok.

Dijelaskan Valentinus, sebelumnya KSP CUKK sudah memiliki enam BO di kabupaten Sanggau, yaitu di Balai Karangan, Kembayan, Muko, Jangkang, kota Sanggau dan di Meliau. Dengan penambahan satu BO di kota Sosok, kantor pelayanan di kabupaten Sanggau telah berada di tujuh tempat.

“Di Sosok kita akan fokus pada peningkatan dan pendampingan usaha anggota dan komoditi, KSP CUKK melalui Gerakan CUKK sudah memiliki beberapa unit usaha selain simpan pinjam, diharapkan dapat bersinergi sehingga misi KSP CUKK dapat tercapai sesuai yang diharapkan,” pungkas Valentinus.

Di acara yang sama, Ketua Dewan Pengurus KSP CUKK Stefanus Masiun menerangkan, bahwa BO Sosok adalah BO ke-7 di kabupaten Sanggau. Dengan adanya BO Sosok maka para anggota sekitarnya diharapkan mendapatkan pelayanan secara lebih dekat dan mudah.

BO Sosok akan melibatkan koperasi konsumen Keling Kumang Union (KKU) dan koprasi produsen Keling Kumang Agro (KKA). Dengan demikian, anggota bukan saja mendapatkan layanan keuangan juga layanan lainnya. Kemudian dengan hadirnya BO Sosok, masyarakat memiliki pilihan alternatif untuk ber-CU.

“KSP CUKK akan berkolaborasi dengan CU-CU dan lembaga keuangan lain yg sudah ada di daerah ini. Kerjasama dengan pemerintah desa dan kecamatan juga akan dilakukan dalam pemberdayaan anggota. Kehadiran BO Sosok, telah memperkuat basis sosial dan teritorial KSP CUKK di kabupaten Sanggau,” terang Stefanus Masiun.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Edi Hendi