Sekilas Info

Rumah Betang di Sintang Resmi Oprasional

Bupati Sintang Secara Simbolis Menyerahkan Kunci Rumah Betang

SINTANG I SenentangNews.com- Pemerintah Kabupaten Sintang melaunching Rumah Betang di Desa Jerora I Kecamatan Sintang, Selasa (1/3/2022). Rumah betang yang dibangun diatas tanah 2,7 Hektar tersebut kini bisa dimanfaatkan sebagai sarana promosi adat dan budaya.

Launching rumah betang kebanggaan masyarakat Sintang tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Sekda Sintang Yosepha Hasnah. Selanjutnya diberkati oleh Uskup Sintang Mgr. Samuel Oton Sidin OFM.

"Kami sangat berterima kasih kepada jajaran Pemkab Sintang yang sudah membangun Betang ini. Mulai dari Kepemimpinan Bupati Sintang Milton Crosby sampai Jarot Winarno serta DPRD Kabupaten Sintang yang secara konsisten mengakomodir dana pembangunan Rumah Betang ini," kata Yosepha.

Sebagai penanggungjawab Launching Operasional Betang Kabupaten Sintang, Yosepha menyampaikan bahwa beroperasinya Rumah Betang tersebut sudah lama didambakan oleh masyarakat Suku Dayak Kabupaten Sintang.

"Rumah Betang ini mulai dibangun sejak tahun 2015, namun belum semua fasilitas selesai dibangun, masih ada pekerjaan yang harus dilakukan hingga selesai. seperti penataan halaman, pagar dan yang lain untuk diselesaikan,"katanya.

Oleh sebab itu, Yosepha mengharapkan agar penyelesaian fasilitas pendukung bisa dilakukan dengan menyesuaikan kondisi keuangan Pemkab Sintang.

"Harapan kami dengan launching operasional rumah Betang ini, kita semua bisa menggunakan dengan baik untuk kegiatan adat istiadat dan budaya sudah bisa dilaksanakan disini,"harapnya.

Ketua DAD Sintang Jeffray Edward mengajak masyarakat Sintang untuk menjaga jaga Rumah Betang ini. Menurutnya selain menjaga kedepan kegiatan adat dayak tidak lagi menggunakan fasilitas umum seperti tahun-tahun sebelumnya. Adanya Betang ini merupakan kerinduan masyarakat Dayak Kabupaten Sintang.

“Selesainya pembangunan Betang ini sangat dinantikan. Selama ini kita selalu menggunakan fasilitas umum yakni lingkungan Stadion Baning Sintang. Ataupun tempat lain. Sehingga kita bersyukur, launching operasional bisa dilaksanakan.

“Walaupun masih banyak fasilitas pendukung yang masih harus dibangun, maka saya selaku Ketua DAD Kabupaten Sintang, berharap kepada Pemkab Sintang untuk terus memberikan komitmen dalam rangka menyelesaikan kekurangan yang ada,”pungkasnya.

Penulis: Oktavianus Beny
error: Content is protected !!