Sekilas Info

Bupati Sekadau Buka RAT KSP CU Keling Kumang

Aron: Jumlah Anggota KSP CUKK Hampir Sama Jumlah Penduduk Kabupaten Sekadau

Bupati Sekadau, Aron saat membuka acara RAT KSP CUKK ditandai dengan pemukulan gong.

SEKADAU | SenentangNews.com – Dihadapan ratusan orang yang hadir, Bupati Sekadau, Aron, mengungkapkan bahwa jumlah anggota KSP CU Keling Kumang (KSP CUKK) yang 205 ribu orang, hampir sama dengan jumlah penduduk kabupaten Sekadau yang 215 ribu orang.

“Saya percaya dan yakin KSP CUKK kedepan akan semakin berjaya semakin berkembang di Kalimantan Barat terutama di teritorialnya di lima kabupaten wilayah timur Kalimantan Barat. KSP CUKK juga selalu memperhatikan aturan dan regulasi. Kepada para anggota saya berharap bijak dalam mengelola keuangannya,” kata Aron.

Masih secara panjang lebar Bupati Sekadau ini berbicara tentang perkembangan ekonomi di Sekadau. Diakhir sambutannya, Aron juga berharap GCUKK dapat membangun hotel di Sekadau sebagaimana Hotel Ladja di Sintang. Selama ini, tamu-tamu penting yang akan ke Sekadau selalu menginap di Sanggau. Dan sebelum pulang ke tempat masing-masing pun menginap lagi di Sanggau.

Aron juga mengatakan kita semua paham bahwa RAT adalah merupakan salah satu implementasi dari semangat koperasi itu sendiri. KSP CUKK bukan asing lagi dengan usianya yang sudah 29 tahun. Di kampung kampung semua tahu KSP CUKK, tinggal niat saja mau menjadi anggota atau tidak.

Bertempat di aula kantor pusat KSP CU Keling Kumang (KSP CUKK) di Tapang Sambas, Bupati Sekadau Aron, SH Sabtu (26/2/2022) membuka acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) KSP CUKK Tahun Buku 2021. Bupati hadir beserta sejumlah jajarannya termasuk Kepala Dinas Perindusterian Perdagangan Koperasi dan UKM (Kadisperindagkop UKM) Kabupaten Sekadau Stefanus Emanuel.

Acara yang kepanitiannya dipimpin oleh Direktur Yayasan Pendidikan Keling Kumang (YPKK) Adilbertus, AS ini, digelar secara virtual dan terbagi di dua titik, yaitu di Tapang Sambas dan di Serantung Water Park Sintang.

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Bidang Perizinan dan Kelembagaan Disperindagkop UKM Kalimantan Barat Resmiguno. Diketahui bahwa Resmiguno adalah pejabat yang sudah mengenal secara mendalam gerakan CU. Hadir juga perwakilan dari Pusat Koperasi Kredit (Puskopdit) Khatulistiwa (Puskhat) Mikael. Puskhat adalah tempat bernaung enam CU Primer salah satunya adalah KSP CUKK.

Di awal acara, Chief Executive Officer (CEO) KSP CUKK Valentinus melaporkan bahwa sebelum melaksanakan RAT ini, KSP CUKK telah melaksanakan Pra RAT di 55 titik melibatkan 66 branch office (BO) dengan jumlah peserta 3.247 anggota. Valentinus juga melaporkan bahwa pada 27 Maret 2021, lembaga ini telah kedatangan Menteri Koperasi dan UKM RI teten Masduki.

Banyak hal disarankan oleh Teten Masduki, beberapa diantaranya sudah langsung ditindak lanjuti. Diantaranya, KSP CUKK telah terdaftar sebagai peserta di Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Kemudian terkait badan hukum Koperasi Kredit telah dirubah menjadi Koperasi Simpan Pinjam.

Banyak kegiatan lain yang dilaporkan CEO ini. Antara lain telah memberikan pendidikan secara Daring dan Offline kepada 17.509 orang. Pendidikan adal salah satu pilar CU. Tentang perkembangan lembaga dilaporkan bahwa Per Desember 2021, meski di masa Pandemi Covid – 19 aset KSP CUKK bertambah telah mencapai Rp.1,787 Triliun atau bertambah Rp. 175 Miliar dengan jumlah anggota sebanyak 204.082 orang.

Ketua Dewan Pengurus KSP CUKK Stefanus Masiun dalam laporannya mengungkapkan, misi sosial KSP CUKK adalah menurunkan kemiskinan dan meningkatkan standar hidup. Rektor Institut Teknologi Keling Kumang ini juga mengupas teori lingkar kemiskinan serta sejumlah faktor penyebabnya. Menurutnya, hal ini ada hubungannya dengan Tema RAT kali ini, yaitu Memperkuat Basis Sosial, Kultural dan Teritorial Untuk Kesejahteraan Anggota Yang Berkelanjutan.

Berikutnya, berbagai hal dibicarakan Ketua Puskhat Mikael. Namun ada yang harus digaris bawahi, mantan Ketua Pengurus KSP CUKK ini mengatakan, ada lima hal yang harus ditingkatkan oleh CU-CU Sekunder. Pertama, sumber daya manusia (SDM). Kedua, team work. Ketiga, peningkatan Informasi Teknologi (IT). Yang keempat, kemitraan. Dan yang kelima, taat aturan dan regulasi.

Usai acara pembukaan, kemudian  acara dilanjutkan dengan RAT yang merupakan acara inti, dipimpin oleh Mikael dengan sekretaris Neli. Acara diawali dengan pemberian penghargaan terhadap Member of the Year, PK of the year dan Vilage of the Year.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas
error: Content is protected !!