Sekilas Info

Arbudin Buka RAT Dua Koperasi KKU dan KKTJ Tahun Buku 2021

Kadisperindagkop UKM Kabupaten Sintang Arbudin, saat membuka acara RAT KKU dan KKTJ di Serantung Water Park.

SINTANG | SenentangNews.com – Kepala Dinas Perindusterian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Sintang Arbudin, Jumat (25/2/2022), membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) dua buah koperasi sekaligus, Koperasi Jasa (Kopjas) Keling Kumang Tampun Juah (KKTJ) dan Koperasi Konsumen Keling Kumang Union (KKU) Tahun Buku 2021.

Kegiatan digelar secara virtual di dua titik, yaitu di Serantung Water Park Jalan Kapitan Kwee Jiu Hoi Sintang dan di Kantor Pusat KSP CU Keling Kumang (KSP CUKK) di Tapang Sambas, Sekadau. Turut bergabung secara virtual, Robby Tulus di Kanada dan CEO Induk Koperasi Usaha Rakyat (Inkur) Suroto di Jakarta. Inkur adalah induk koperasi sektor ril.

Khusus di Serantung Water Park, hadir dalam acara ini para Pengurus dan Pengawas serta manager KKU dan KKTJ, Penasehat Gerakan CU Keling Kumang (GCUKK) Munaldus dan Uduk, para mitra dari perbankan dan perusahaan serta ratusan orang anggota. Nampak hadir juga CEO KSP CUKK Periode 2006-2016 Yohanes Rumpak.

Karena peserta RAT ini adalah juga anggota KSP CUKK, turut hadir Chief Execituve Officer (CEO) KSP CUKK Valentinus, Deputi I Itoi Thomas Aquino, Deputi II Hilarius Gimawan. Para Manager Area dan para Manager Branch Office beserta jajarannya serta para anggota, terbagi di dua titik yakni di Serantung Water Park dan di Tapang Sambas.

KKU dan KKTJ adalah dua koperasi hasil Spin-Off (GCUKK). Meski masing-masing memiliki badan hukumnya sendiri, namun KSP CUKK adalah leading dari koperasi-koperasi hasil pemekarannya. Hingga saat ini KKU memiliki anggota sebanyak 26.543 orang dengan aset sebesar Rp. 26,8 Miliar, sementara KKTJ memiliki anggota 1.693 orang dengan aset Rp. 8 Miliar.

Bisnis yang digeluti KKU meliputi bidang ritel, distributor bekerjasama dengan unilever dan cafe. Dan core business KKTJ selain di bidang perhotelan, jasa transportasi angkutan sawit dan CPO, konstruksi, properti, kursus bahasa (Keling Kumang Language). Kemudian di bidang perbengkelan dan grosir spare part.

Menurut Ketua Pengurus KSP CUKK Stefanus Masiun ex officio Ketua GCUKK, Meteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki menyatakan, koperasi simpan pinjam (KSP) mau besar harus melakukan pemekaran usaha. Karena KSP usahanya hanya tunggal yaitu simpan-pinjam. Kalau KSP mau besar, maka harus melakukan pemekaran usaha atau Spin-Off. Kebijakan Meteri Koperasi ini sejalan dengan kebutuhan KSP CUKK.

Tahun ini KSP CUKK berusia 30 tahun. Dalam 10 tahun terakhir, banyak aspirasi para anggota agar KSP CUKK tidak hanya bergerak di simpan pinjam. Tetapi mengurusi juga sektor-sektor lain. Dulu banyak permintaan tentang pupuk, bibit dan lain-lain. Dalam rangka menjawab kebutuhan yang beragam para anggota, KSP CUKK mengembangkan usaha dengan membentuk koperasi. Selain KSP CUKK ada tiga koperasi lain, yaitu KKU, KKTJ dan Keling Kumang Agro (KKA) sebagai koperasi produsen.

GCUKK juga punya dua yayasan, yaitu Yayasan Pendidikan Keling Kumang yang sebagai penyelenggara pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Keling Kumang (SMKKK) dan Institut Teknologi Keling Kumang (ITKK). kemudian Yayasan Pusat Pemberdayaan Sumberdaya Ibanic. Dulu semuanya disatukan dalam Keling Kumang Group (KKG), kemudian sesuai perkembangan bertransformasi menjadi GCUKK.

Kadisperindagkop UKM Arbudin dalam sambutannya mengatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten Sintang berterima kasih atas kehadiran KSP CUKK. Dalam perjalanan sejarahnya KSP CUKK telah mampu memberikan nilai tambah. Di sisi lain KSP CUKK telah banyak meraih penghargaan baik dari pemerintah daerah, pemerintah pusat bahkan dari tingkat internasional. Ini adalah hal yang sangat luar biasa. Tentu kedepan banyak yang bisa dilakukan.

Arbudin tidak hanya berbicara tentang keyakinannya, bahwa KSP CUKK kedepan akan terus berkembang dan menjadi lebih besar. Pejabat Eselon II ini juga berpesan kepada para anggota, agar tetap taat aturan dan berpegang teguh kepada komitmennya kepada lembaga ini.

Arbudin juga menambahkan bahwa kedepan akan banyak yang dapat dikerjasamakan. Misalnya yang dengan merencanakan even-even yang berbasis kearifan lokal yang intinya dapat memperkenalkan produk-produk lokal secara nasional.

Acara Inti RAT

Foto Bersama seusai acara pembukaan RAT KKU dan KKTJ.

RAT dua koperasi ini dilaksanakan secara bergiliran, didahului dengan RAT KKTJ. Pola kegiatannya sama, pertama melaporkan perkembangan KKTJ dan KKU, membahas pola kebijakan tahun 2022, dan sesi tanya jawab, penandatanganan Berita Acara RAT serta penyerahan program kerja kepada para manager.

Khusus untuk KKTJ, disaat yang sama juga telah melaksanakan acara pemilihan para Pengurus dan Pengawas baru untuk periode tahun 2022-2024. Acara ini dipungkas dengan penguatan dari penasehat GCUKK, Munaldus yang juga sebagai pendiri GCUKK.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas