Sekilas Info

Tarik Ulur Pengganti Kursi Wabub Sintang, Tim Pendukung Sudirman Sebut Belum Final

Ketua DPD Nasdem Sintang Florensius Ronny

SINTANG I SenentangNews.com- Hingga kini Kabupaten Sintang masih kekurangan seorang sosok pejabat politik yang bisa mendampingi Bupati Sintang Jarot Winarno. Sementara orang nomor satu di bumi Senentang beberapa waktu lalu telah menerima penyerahan nama yang telah menandatangani berita acara kesepakatan, meskipun satu partai yakni PPP belum sepakat.

"Sampai saat ini dari koalisi sudah mengerucut dua nama yang sudah diserahkan ke bupati Sintang. Ada lima partai pengusung, empat diantaranya telah sepakat mengusung Melkianus-Hardoyo. Sementara satu partai yakni PPP mengusung Melkianus-Sudirman,"kata Ketua Nasdem Sintang Florensius Ronny, Selasa (15/2/2022).

Menurut Ronny sejauh ini proses pengganti kursi Wabub Sintang Sudiyanto yang meninggal dunia masih terus berlanjut meskipun satu partai di tubuh partai pengusung yakni PPP belum ada kata sepakat.

"Sejauh ini kami telah mengirimkan surat ke DPRD melalui bupati Sintang. Adapun nama yang kami sepakati itu Melkianus dan Hardoyo. Sementara satu partai PPP, itu mengusulkan nama Melkianus dan Sudirman,"kata Ronny.

Pemerintah Daerah Sintang melalui bagian Tata Pemerintahan(Tapem) Lanjut Ronny masih melakukan konsultasi ke Kementrian dalam negeri (Kemendagri) terkait persoalan tersebut.

"Apabila dua nama tersebut telah masuk ke DPRD maka selanjutnya akan dibentuk Pansus tentang tata cara pemilihannya. Kami berharap Kemendagri bisa menjawab persoalan ini secepatnya, sehingga proses pengganti wakil bupati Sintang bisa secepatnya terpilih,"jelas Ronny.

Terkait kriteria, Ronny menyebutkan, calon harus memiliki komitmen yang sesuai dengan rencana pemerintah. Seperti yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah (RPJMD).

“Saya berharap calon yang terpilih, bisa bersinergi dan mampu berkomitmen menjalankan visi misi bupati Sintang,"pungkasnya.

Belum Final

Tim pendukung Sudirman menganggap keputusan pengajuan nama kandidat Wakil Bupati Sintang yang diserahkan koalisi Adil Bersatu ke Bupati Sintang Jarot Winarno beberapa waktu lalu belum final.

"Meski dalam pengajuan itu koalisi sudah menyerahkan dua nama calon, tapi kami menganggap penetapan tersebut belum final,"kata Budi Harto.

Menurut Budi, PPP khususnya tetap masih mengusulkan Melkianus dan Pak Sudirman. Sementara partai pengusung lainnya mengusulkan nama Melkianus-Hardodoyo.

"Jadi menurut hemat kami, proses ini belum final dan belum clear,"pungkasnya.

Penulis: Oktavianus Beny