Sekilas Info

Reses di Dua Desa, Ketua DPRD Tampung Berbagai Usulan

Reses Ketua DPRD di Desa Sepan Lebang Kecamatan Kelam

SINTANG | SenentangNews.com- Masyarakat di Kecamatan Kelam Permai tepatnya di Desa Sungai Pukat dan Desa Sepan Lebang, menyampaikan sejumlah keluhan kepada Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny saat melaksanakan reses, Senin (14/2/2022).

Keluhan tersebut dari berbagai elemen masyarakat. Baik perangkat desa, tokoh agama hingga tokoh masyarakat dan pemuda. Reses yang berlangsung dibalai desa tersebut dihadiri puluhan masyarakat. Dalam reses tersebut masyarakat juga terlihat antusias menyampaikan usulan pembangunan pada politisi Partai Nasdem tersebut.

Karena berlangsung ditengah pandemi Covid-19), lokasi reses disediakan tempat untuk mencuci tangan. Selain itu, masyarakat yang hadir juga mengenakan masker dengan menerapkan protocol kesehatan secara ketat.

Dalam resessnya Anggota Dewan dua periode ini bersama masyarakat juga melaksanakan dialog. Dalam dialog itu, juga disampaikan persoalan yang ada di masyarakat. Bahkan, ia juga akan mengakomodasi apa yang menjadi keluhan masyarakat.

Untuk itu Ronny melaksanakan reses dengan tujuan dapat menampung aspirasi masyarakat. Usulan itulah yang nantinya akan disampaikan ke pemerintah daerah baik secara lisan maupun resmi seperti sidang paripurna dan sebagainya.

"Saya berharap masukan ini bisa didengarkan oleh pemerintah. Apalagi masukan mereka terkait keluhan yang bersifat umum dan untuk kepentingan masyarakat banyak," ungkapnya.

Adapun usulan yang disampaikan masyarakat kepadanya, Ronny menyebutkan, usulan itu seluruhnya sudah masuk dan dalam proses untuk dibahas. Masukan itu diantaranya usulan perbaikan jalan yang berlubang, perbaikan jembatan, usulan penambahan honor operator sekolah usulan bantuan rumah ibadah, dan pengadaan pupuk bersubsidi.

"Dari segi pembangunan infrastruktur, sejauh ini memang masih kurang. Apalagi, cukup banyak keluhan masyarakat. Khusus jalan, ini memang menjadi atensi kita. Sebab, informasi yang kami himpun dari mereka ada yang sudah lama tidak mendapatkan perhatian," ujarnya.

Ronny menambahkan, setiap usulan akan ditampung dan dijadikan sebagai laporan pelaksanaan kegiatan reses. Kemudian, laporan yang telah disusun, akan disampaikan kepada Pemda Sintang.

“Tetapi kita lihat dulu usulan mana yang dari masyarakat menjadi prioritas. Ini juga nantinya sebagai bahan pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan murni Tahun 2022," bebernya.

Ronny berharap, apa yang menjadi usulan masing-masing perwakilan desa dapat disampaikan kembali kepada masing-masing kepala desa, yang kemudian dibahas pada Musrenbang tingkat desa hingga kecamatan dan tingkat kabupaten.

“Semua usulan ini akan kami kawal dan mudah-mudahan bisa terakomodir semuanya, bkita akan tetap perjuangkan," harapnya.

Lengkapai Usulan dengan Proposal

Reses Ketua DPRD di Desa Sungai Pukat Kecamatan Kelam

Ketua DPRD Sintang Florensius Ronny mengimbau kepada lapisan masyarakat ataupun pihak desa yang menyampaikan usulan atau aspirasi dalam agenda reses bisa dilengkapi dengan proposal pengajuan.

Ronny mengatakan, jauh-jauh hari sebelum pihaknya turun ke lapangan diimbau agar proposal pengajuan tersebut bisa dipersiapkan. “Kami sarankan agar masyarakat yang menyampaikan aspirasi dalam agenda reses itu bisa dilengkapi dengan proposal pengajuan,” katanya,

Menurut Ronny dalam sistem yang saat ini, segala program harus melalui proposal perencanaan, pengajuan dan permohonan baik itu dari pihak desa ataupun yang lainnya.

"Dengan adanya proposal pengajuan yang juga merupakan aspirasi-aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat sudah dilengkapi sesuai dengan syarat-syarat yang telah ditentukan, maka segala hal yang berkaitan dengan tindaklanjutnya akan menjadi lebih mudah,” pungkasnya.

Penulis: Oktavianus Beny