Sekilas Info

Tanggul Penahan Banjir di Sintang Longsor

Bupati Sintang Jarot Winarno melihat tanggul yang jebol di bantaran sungai melawi

SINTANG I SenentangNews.com- tanggul penahan banjir (geobag) di bantaran sungai melawi tepatnya di Kelurahan Ladang yang dibangun kementrian PUPR longsor akibat hujan deras.

Tingginya curah hujan yang melanda Kabupaten Sintang sejak Senin (1/2/2022) sekitar pukul 23.30 wib malam membuat tiga titik tanggul penahan banjir tersebut jebol.

Dari pantauan media ini di lapangan sebanyak tiga titik tanggul jebol tepatnya di kelurahan ladang Sintang. Jebolnya tiga tanggul tersebut membuat warga sekitar merasa was-was.

"Sejak awal kunjungan pak Jokowi ke Sintang waktu itu, kami sudah menyampaikan bahwa pembangunan Geobag di Sintang memang kurang tepat,"kata Syahroni tokoh pemuda kampung ladang.

Menurut Syahroni dengan jebolnya tanggul penahan banjir tersebut pihak kontraktor bisa bertanggung jawab memperbaiki dengan serius agar program pemerintah tersebut bisa berdampak baik terhadap banjir di Sintang.

"Harapan kita pemerintah bisa mengevaluasi program yang tepat untuk penangan banjir di Sintang,"harapnya.

Koordinator Pelaksana tim tanggap darurat, Daniel Resdianto mengaku bahwa pihaknya akan bertanggung jawab terhadap tiga titik tanggul yang jebol di kawasan Kampung Ladang. Menurutnya dari 5,3 km tanggul penahan banjir (geobag) ada penurunan area sekitar 200m atau sekitar 4% butuh penanganan khusus.

"Ada penurunan itu wajar karena masih under construction . Jadi tidak ada masalah sehingga pengerjaan ini akan menjadi masukan di tahap lanjutan sehingga kedepan bias fokus dan tepat sasaran. "kata Danil.

Sejauh ini kata Danil pengerjaan banjir tanggap darurat (geobag) di Kabupaten Sintang sudah mencapai 100 persen.

"Untuk pengerjaan sudah finishing jadi mana yang kurang kita perbaiki. Kita juga ada program pemadatan sirtu untuk area bahu jalan sehingga jalan yang sempit bisa bermanfaat untuk masyarakat,"jelas Danil.

Sementara itu bupati Sintang Jarot Winarno menyempatkan diri melihat tanggul penahan banjir (geobag) yang longsor di bantaran sungai melawi.

Penulis: Oktavianus beny