Sekilas Info

Gelombang Pra RAT KSP CU Keling Kumang Telah Berakhir

Kabid Kelembagaan dan Pengawasan Disperindagkop-UKM Kabupaten Sekadau Yulita Oktavia, saat membuka Pra RAT KSP CUKK di Tapang Sambas.

SEKADAU | SenentangNews.com – Ditandai dengan digelarnya Pra Rapat Anggota Tahunan (Pra RAT) KSP CU Keling Kumang Tahun Buku 2021 Area. I pada tanggal. 29 Januari, maka gelombang Pra RAT selama tujuh hari kerja sejak 10 Januari lalu telah selesai seluruhnya. Area. I ini membawahi sembilan branch office (BO). Hasil Pra RAT dari tujuh Area Pelayanan ini akan dibawa ke acara RAT pada bulan Februari mendatang.

Pra RAT yang digelar secara virtual dipusatkan di basement kantor pusat KSP CU Keling Kumang (KSP CUKK) di Tapang Sambas ini, dibuka oleh Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengawasan Dinas Perdagangan, Perindusterian, Koperasi dan UKM (Disperidagkop-UKM) Kabupaten Sekadau, Yulita Oktavia.

Pengurus, Pengawas dan CEO foto bersama dengan Kabid Kelembagaan dan Pengawasan Disperindagkop-UKM Kabupaten Sekadau.

Hadir dalam acara ini, Penasihat sekaligus pendiri CU Keling Kumang Munaldus, Ketua Dewan Pengurus Stefanus Masiun, Ketua Pengawas Lorensius, Chief Executive Officer (CEO) Valentinus, Manager Area. I, para anggota, Pangkalan Kolektor, sejumlah Kepala Desa di BO-BO.

Ada yang menarik dalam laporan CEO, yakni meskipun dalam kondisi Pandemi Covid-19, alih-alih mengalami penurunan, lembaga ini pada Tahun Buku 2021 justeru membukukan kenaikan aset sebesar Rp. 175 Miliar. Demikian juga dengan penambahan jumlah anggota.

Masih kata Valentinus, dalam Pola Kebijakan (Poljak) banyak yang berubah, itu karena harus menyesuaikan dengan regulasi. Selain itu KSP CU Keling Kumang satu-satunya yang telah mendaftar di Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

“Sebelum Covid-19 merebak, acara Pra RAT penutup biasanya dihadiri oleh lebih dari 1.000 anggota. Untuk sementara ini tidak dapat mengundang terlalu banyak, karena kegiatan kumpul-kumpul diawasi oleh Satgas Covid-19. Para anggota yang hadir diharap dapat menyampaikan alasan ini kepada para anggota lainnya,” kata Valentinus.

Saat berikutnya, sambutan Stefanus Masiun juga terdapa hal lain yang menarik. Dikatakan menarik hal ini jarang menjadi perhatian lembaga-lembaga lain. Yaitu perbandingan antara jumlah anggota laki-laki dan anggota perempuan: 52,76 persen (laki-laki) banding 47,24 persen (perempuan). Belum didapat data perbandingan pada jumlah aktivis.

Masiun juga memaparkan tentang substansi dari Tema pada Pra RAT kali ini: Yakni Memperkuat Basis Sosial, Kultural dan Teritorial Untuk Kesejahteraan Anggota yang Berkelanjutan. Paparan yang menarik yang isinya dapat dijadikan pedoman untuk masa yang akan datang,

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari Yulita Oktavia yang hadir mewakili Disperindagkop-UKM Kabupaten Sekadau. Menurut Yulita, meskipun KSP CU Keling Kumang adalah binaan Disperindagkop-UKM Provinsi, selalu memberikan data secara periodik ke Disperindagkop-UKM Kabupaten Sekadau.

Dari laporan Ketua Dewan Pengurus dan CEO tadi, Gerakan CU Keling Kumang sudah melakukan berbagai inovasi. Dan dari jenis beberapa koperasi, baik koperasi simpan pinjam, koperasi produsen, koperasi konsumen dan koperasi jasa, semua sudah dijamah oleh Gerakan CU Keling Kumang.

“Dari jumlah koperasi yang kami bina, per bulan Desember 2021 di kabupaten Sekadau ada 178 koperasi. Untuk KSP yang berasal dari Credit Union ada sembilan, salah satunya KSP CUKK. Sebetulnya KSP CUKK tidak perlu lagi melibatkan pembina karena sudah mandiri.,” kata Yulita.

Acara pembukaan Pra RAT penutup di Tapang Sambas ini baru usai pada pukul. 11.30. Acara dilanjutkan dengan acara pokok yang diawali dengan sesi penguatan oleh pendiri KSP CUKK Munaldus.

Rincian waktu kegiatan Pra RAT sesuai urutan tanggal pelaksanaan:

Tanggal. 10 Januari: Area II (10 BO) jumlah peserta 520 anggota
Tanggal. 12 Januari: Area III (10 BO) jumlah peserta 725 anggota
Tanggal. 14 Januari: Area IV (9 BO) jumlah peserta 545 anggota
Tanggal. 17 Januari: Area V (10 BO) jumlah peserta 550 anggota
Tanggal. 19 Januari: Area VI (8 BO) jumlah peserta 530 anggota
Tanggal. 21 Januari: Area VII (10 BO) jumlah peserta 840 anggota
Tanggal. 29 Januari: Area I (9 BO) jumlah peserta 575 anggota

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas