Sekilas Info

Pra RAT KSP CU Keling Kumang Tahun Buku 2021 Dimulai Hari Ini

Suasana acara pembukaan Pra RAT KSP CU Keling Kumang di Aula Keling Kumang.

SINTANG | SenentangNews.com – Salah satu agenda tetap tahunan di KSP CU Keling Kumang (KSP CUKK) adalah Pra Rapat Anggota Tahunan (Pra RAT) sebagai pendahuluan dari Rapat Anggota Tahunan. Pra RAT dan RAT bukan hanya menjadi agenda tetap, namun wajib untuk dilaksanakan.

Untuk Pra RAT Tahun Buku 2021 dimulai hari ini, Senin tanggal. 10 Januari 2022, diawali dengan Area II yang membawahi 10 branch office (BO).

Karena masih di masa Pandemi Covid-19, kegiatan ini dilaksanakan secara virtual yang semua acaranya dapat dimonitor oleh seluruh peserta di 10 BO Area II. Kegiatan di setiap BO dikoordinir oleh BO Manager masing-masing.

Inilah BO-BO yang masuk Area II; BO Kantor Sentral; BO Kelam; BO Binjai; BO Labung Laja Kedembak Air Tabun; BO Merakai; BO Pintas Keladan; BO Senaning; BO Nanga Mau; BO Mentunai; dan BO Tebidah, dengan jumlah peserta sebanyak 520 anggota.

Stefanus Masiun, Nekodimus, Arbudin dan Valentinus foto bersama seusai acara.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Keling Kumang Jalan YC Oevang Oeray Baning Sintang ini, dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Sintang Arbudin. Dari pihak KSP CUKK hadir Ketua Dewan Pengurus Stefanus Masiun, Chief Executive Officer (CEO) Valentinus dan sejumlah aktivis lainnya. Di kelompok undangan, selain ada rohaniawan juga hadir Anggota DPRD Sintang Nekodimus serta mitra kerja dari kelompok perbankan.

Acara ini terbagi tiga sesi, yaitu sesi pembukaan, sesi acara inti Pra RAT dan sesi tanya-jawab. Pada sesi pembukaan, Valentinus melaporkan tentang perkembangn terakhir KSP CUKK perkembangan aset, meningkatnya jumlah anggota serta jumlah kredit beredar. Berikutnya Stefanus Masiun melaporkan tentang perkembangan unit-unit hasil spin-off dari Gerakan CU Keling Kumang sekaligus presentasinya.

Pada acara inti Pra RAT, baik sosialisasi Pola Kebijakan (Poljak) baru dan sesi tanya jawab, dipimpin langsung oleh Stefanus Masiun dan Valentinus.

Pesan tertulis Bupati Sintang yang dibacakan Oleh Arbudin, pada intinya mengatakan bahwa RAT adalah selain sebagai pemenuhan amanat Undang-undang, juga menyiratkan bahwa kekuatan utama pada organisasi koperasi adalah pada anggotanya.

“Sebuah organisasi atau lembaga apapun yang mampu melaksanakan kewajiban konstitusionalnya, berarti itu wadah organisasi yang baik dan sehat. Demikian juga untuk sebuah koperasi. Koperasi harus sehat manajemen, sehat keuangannya, dan sehat orang-orangnya. Penerapan sistim ekonomi Pancasila di koperasi harus mampu membangun jiwa kekeluargaan. Segala sesuatu harus didasarkan pada asas mufakat dari dan oleh anggota untuk anggota,” kata Jarot.

Diakhir pesan tertulisnya, Jarot berharap KSP CU Keling Kumang lebih memberikan ruang dan kemudahan untuk anggota. Manfaatkan segala kelebihannya dalam membina dan meningkatkan kesejahteraan anggota. Utamanya di masa Pandemi Covid-19 sekarang ini.

Jalannya acara yang dimulai pada pukul. 08.00 pagi berjalan baik dan lancar. Acara baru usai pada pukul. 15.00 menjelang petang.

Untuk diketahui, jadwal Pra RAT KSP CU Keling Kumang secara keseluruhan di semua Area sebagai berikut:
Tanggal. 10 Januari: Area II (10 BO) jumlah peserta 520 anggota
Tanggal. 12 Januari: Area III (10 BO) jumlah peserta 725 anggota
Tanggal. 14 Januari: Area IV (9 BO) jumlah peserta 545 anggota
Tanggal. 17 Januari: Area V (10 BO) jumlah peserta 550 anggota
Tanggal. 19 Januari: Area VI (8 BO) jumlah peserta 530 anggota
Tanggal. 21 Januari: Area VII (10 BO) jumlah peserta 840 anggota
Tanggal. 29 Januari: Area I (9 BO) jumlah peserta 575 anggota

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas