Sekilas Info

Ini Pesan Tertulis Bupati Sintang Jarot Winarno Pada Pra RAT KSP CU Keling Kumang

Arbudin saat membacakan pesan Bupati Sintang sekaligus membuka acara Pra RAT KSP CU Keling Kumang.

SINTANG | SenentangNews.com – Rapat Anggota Tahunan (RAT) bagi sebuah koperasi merupakan hal yang mutlak harus dilaksanakan. Karena RAT merupakan ciri dan sendi-utama dalam menggerakan koperasi. Begitu pesan Bupati Sintang Jarot Winarno yang dibacakan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kapala Dinas Perindusterian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Sintang Arbudin.

Selain menjalankan amanat Undang-undang, RAT juga merupakan implementasi dan semangat yang harus hidup dalam koperasi, yaitu rasa kekeluargaan dan sebagai institusi pengambilan keputusan tertinggi dalam berkoperasi. Penyelenggaraan RAT menyiratkan bahwa kekuatan utama pada organisasi koperasi adalah pada anggotanya.

Pesan tersebut disampaikan Arbudin sekaligus membuka acara Pra Rapat Anggota Tahunan (Pra RAT) KSP CU Keling Kumang Area II Tahun Buku 2021 di Aula Keling Kumang Jalan YC Oevang Oeray Baning Sintang, Senin (10/1/2022) pagi.

Pesan ini didengar oleh 520 anggota secara virtual di 10 branch office (BO) di seantero Area II, yang pada hari ini secara bersamaan menyelenggarakan acara yang sama. Acara di Aula Keling Kumang ini dihadiri oleh Ketua Dewan Pengurus Stefanus Masiun, Chief Executive Office Valentinus dan Area Manager II serta sejumlah aktivis lainnya. Dari kelompok undangan nampak hadir Anggota DPRD Sintang Nekodimus dan mitra kerja dari kelompok perbankan.

Dikatakan Jarot lebih lanjut dalam pesan tertulisnya, bahwa koperasi pada prinsipnya adalah kumpulan orang-orang dan gotong royong. Jika dikelola dengan baik, maka akan menghasilkan yang baik serta bermanfaat bagi kesejahteraan anggota koperasi yang bersangkutan.

“Saya berpesan kepada pengurus KSP CU Keling Kumang untuk selalu hadir dan memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama kepada para anggotanya. Jaga terus kepercayaan anggota.”

“Sebuah organisasi atau lembaga apapun yang mampu melaksanakan kewajiban konstitusionalnya, berarti itu wadah organisasi yang baik dan sehat. Demikian juga untuk sebuah koperasi. Koperasi harus sehat manajemen, sehat keuangannya, dan sehat orang-orangnya. Penerapan sistim ekonomi Pancasila di koperasi harus terus mampu membangun jiwa kekeluargaan. Itu Segala sesuatu didasarkan pada asas mufakat dari dan oleh anggota untuk anggota,” kata Jarot.

Diakhir pesannya, Jarot berharap KSP CU Keling Kumang lebih memberikan ruang dan kemudahan untuk anggota. Manfaatkan segala kelebihannya dalam membina dan meningkatkan kesejahteraan anggota. Utamanya di masa Pandemi Covid-19 sekarang ini.

Untuk diketahui, di tanggal. 10 Januari hari ini, adalah giliran Area II dengan 10 BO dibawahnya yang menyelenggarakan Pra RAT. Masing-masing BO dikoordinir oleh BO Manager masing-masing.

BO-BO yang masuk Area II adalah BO Kantor Sentral; BO Kelam; BO Binjai; BO Labung Laja Kedembak Air Tabun; BO Merakai; BO Pintas Keladan; BO Senaning; BO Nanga Mau; BO Mentunai; dan BO Tebidah, dengan jumlah peserta sebanyak 520 anggota.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas