Sekilas Info

Destinasi Wisata Di Kelam Permai

Selain Destinasi Milik Pemkab, Keling Kumang Agrowisata dan Wisata Rohani Masih Jadi Tujuan Utama Pengunjung

Suasana di salah satu titik di Keling Kumang Agrowisata.

SINTANG | SenentangNews.com – Sejak musim liburan akhir tahun menyambut Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, sejumlah destinasi wisata di kecamatan Kelam Permai kabupaten Sintang tak pernah sepi dari pengunjung.

Dari pantauan SenentangNews.com, Minggu (2/1/2022) siang, para pengunjung nampak terkonsentrasi di sejumlah tempat. Antara lain di lokasi Keling Kumang Agrowisata, Wisata Rohani dan di lokasi-lokasi destinasi milik Pemerintah Kabupaten Sintang. Kondisi jalan Lingkar Kelam yang rusak cukup parah, tak membuat pengunjung mengurungkan niatnya untuk berwisata.

Keling Kumang Agrowisata

Di Keling Kumang Agrowisata jumlah pengunjung terlihat luar biasa. Halaman parkir dipenuhi kendaraan roda empat, hampir tidak menyisakan tempat untuk roda dua. Kedai Hijau pun dipenuhi pengunjung yang ingin sekedar makan dan minum. Destinasi ini sekarang telah melibatkan UKM pedagang kuliner setempat untuk berjualan di sejumlah titik di dalam lokasi.

UKM Penjual kuliner di sejumlah titik di Keling Kumang Agrowisata.

Seorang pengunjung asal desa Solam Raya kecamatan Sungai Tebelian, Akun (42), saat ditemui di lokasi menerangkan bahwa dirinya ke lokasi ini membawa rombongan keluarga beserta beberapa kerabat dekat lainnya. Dirinya melihat ada sedikit perubahan di lokasi ini, Keling Kumang Agrowisata telah melibatkan UKM pedagang kuliner setempat untuk berjualan di beberapa titik.

“Khusus bagi saya, di lokasi ini dapat melihat kembali berbagai jenis tumbuhan asli Kalimantan yang di kampung saya sudah hampir punah. Semua tanaman di sini telah di pasang keterangan nama, misalnya Terentang, Kejarak, Sengkajang dan lainnya,” terang Akun.

Di akhir perbincangan, Akun menyayangkan kondisi jalan Lingkar Kelam dalam kondisi rusak. Menurutnya, jika kondisinya baik dirinya yakin pengunjung ke sejumlah destinasi wisata di Kelam Permai ini akan jauh lebih banyak.

Wisata Rohani

Di Wisata Rohani milik Keuskupan Sintang ini, meski dapat dipastikan hanya dikunjungi oleh penganut Nasrani, namun jumlah pengunjung cukup membludak. Bahkan ada rombongan dari luar kota Sintang yang datang menggunalan kendaraan truk. Terlihat ada sejumlah kendaraan truk di halaman parkir.

Sekelompok pengunjung Wisata Rohani terlihat melakukan doa bersama.

Di lokasi Wisata Rohani, pengunjung bukan hanya ingin melihat diorama penyaliban Kristus, ada juga yang khusus ingin berdoa. Diantara ratusan pengunjung, terpantau ada dua kelompok keluarga besar yang tengah melakukan doa bersama menggunakan tempat di depan Goa maria secara bergiliran.

Sejumlah rombongan pengunjung menggunakan kendaraan truk.

Seorang pengunjung dari Kapuas Hulu, Stefanus Agus (31) mengisahkan bahwa dirinya sudah dua kali mengunjungi Wisata Rohani ini. Pertama dulu hanya sendiri, sekarang membawa serta isteri dan beberapa orang.

“Di lokasi ini lingkungannya masih asri dan teduh. Selain dapat menghayati kisah sengsara Yesus Kristus suasana seperti ini membuat fikiran menjadi tenang,” kata Stefanus.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas