Sekilas Info

Didampingi Kepala BPTD Wil XIV Kalbar, Ketua Komisi V DPR RI Lasarus Serahkan Bus Sekolah Ke ITKK

Saat Penyerahan Bus Sekolah Dari Ketua Komisi V Lasarus Kepada Rektor ITKK Stefanus Masiun.

SEKADAU | SenentangNews.com – Didampingi Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kementerian Perhubungan RI Wilayah XIV Provinsi Kalimantan Barat H. Syamsudin, Ketua Komisi V DPR RI Lasarus serahkan bantuan satu unit Bus Sekolah kepada Institut Teknologi Keling Kumang (ITKK) Sekadau.

Dilaksanakan di halaman depan Rektorat ITKK, Sabtu (18/12/2021) siang, disaksikan Ketua DPRD Sekadau Radius Effendi dan sejumlah pengurus Yayasan Pendidikan Keling Kumang (YPKK) dan CEO Gerakan Keling Kumang Valentinus.

Menurut Rektor ITKK Stefanus Masiun, ini adalah proses bantuan yang prosesnya super cepat. Diajukan awal tahun 2020, barangnya sudah diserahkan di Sekadau pada Desember 2021 ini.

“Momennya sangat baik, ITKK mendapat bantuan bus sekolah ini justeru di tahun penerimaan mahasiswa yang pertama. Tadinya kami mengira, bantuan ini baru akan didapat di tahun anggaran 2022 nanti. Rupanya bantuan ini masuk didalam tahun anggaran 2021,“ kata Masiun.

Masiun juga mengungkapkan bahwa pangsa pasar ITKK adalah masyarakat kelas menengah kebawah. Para orang tua yang tidak mampu menguliahkan anaknya ke Pontianak maupun ke luar Kalimantan, cukup kuliah di ITKK yang akan terus dijaga kualitasnya.

Lasarus dan Masiun Saat Melakukan Test Drive Bus Sekolah Sebagai Tanda Unit Bus Sekolah Diserahkan Dalam Keadaan Baik.

Diakhir laporannya, Masiun juga menerangkan bahwa untuk sementara ini mahasiswa ITKK masih banyak dari sekitar kabupaten Sekadau. Adanya bantuan fasilitas transportasi ini akan membuat ITKK lebih mudah melaksanakan kegiatan dan melakukan pengembangan.

“ITKK di tahun yang akan datang akan menerima bantuan rumah susun dari Kementerian PUPR. Sama halnya Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR juga sebagai mitra kerja Komisi V DP RRI,” ucap Masiun.

Atas nama seluruh jajaran ITKK, Masiun mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan yang pada kesempatan ini diwakili oleh Ketua BPTD Wilayah XIV Provinsi Kalimantan Barat, H. Syamsudin dan kepada Ketua Komisi V DPR RI Lasarus.

Syamsudin sebagai bagian dari Direktorat Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menuturkan, bahwa ada banyak program Kementerian Perhubungan yang berkat Ketua Komisi V DPR RI banyak mengalir ke Kalimantan Barat. Contohnya di sektor Perhubungan Udara, ada Bandara Tebelian yang baru-baru ini diresmikan Presiden.

“Bantuan ini memang merupakan program nasional. Diharapkan dapat diberdayakan dan dimanfaatkan sesuai dengan fungsinya untuk menunjang kegiatan di ITKK,” pinta Syamsudin.

Menurut Lasarus, dirinya melihat ITKK ini punya prospek bagus. Mereka punya kekuatan, tapi ada juga kelemahan yang harus ditopang. Jangan sampai kekuatan ini layu sebelum berkembang, oleh karenanya harus dibantu.

“Saya melihat adanya peluang ini. Kita harapkan institut ini atau kelak menjadi universitas, untuk terus menjamah segment menengah kebawah. Semoga ITKK dapat berkembang sesuai dengan cita-cita dan visi-misinya. Saya yakin di tahun-tahun berikutnya akan banyak mahasiswa dari kabupaten lain. Yang penting pengenalan kepada masyarakat,” kata Lasarus.

Dikatakan Lasarus, bantuan ini belum seberapa dan masih berupa gerakan-gerakan kecil. Mudah-mudahan bantuan kecil ini dapat mengakselerasi dan memberi semangat kepada Yayasan Pendidikan Keling Kumang sebagai penyelenggara ITKK ini, Terus lah maju dan berkembang menyentuh sektor pendidikan dimana di Kalbar ini masih ketinggalan jika dibanding di pulau-pulau lain.

Masih secara panjang lebar Ketua Komisi V ini mengulas tentang berbagai hal terkait dunia perguruan tinggi, termasuk sumber daya manusia (SDM) dosen. Lasarus juga mengungkapkan bagaimana serunya pembahasan skala prioritas di pusat sana. Dan bantnuan ini berhasil diperjuangkan untuk masuk skala prioritas.

“Saya mohon maaf karena kegiatan ini mendadak. Bagi saya begitu bus sekolahnya datang langsung diserahkan saja dan segera dimanfaatkan. Misal ketua Yayasan dan Pak Rektor tidak hadir pun, tetap saya serahkan siapa pun yang menerima di tempat ini,” pungkas Lasarus.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas