Sekilas Info

Kafilah Sintang Lolos ke Final Untuk 13 Cabang Golongan MTQ Kalbar

Peserta Kafilah dari Kabupaten Sintang

SINTANG I SenentangNews.com- Sebanyak 13 cabang golongan Kafilah asal Kabupaten Sintang berhasil lolos ke final pada cabang lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke XXIX Tingkat Provinsi Kalimantan Barat yang berlangsung pada 11-17 Desember 2021.

"Hasil tersebut, setelah dewan hakim mengumumkan dan menetapkan hasil keputusan bagi para peserta lomba yang masuk semifinal dan final,"kata H . Abdurrasyid Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Sintang.

Kafilah Kabupaten Sintang yang mengikuti MTQ Kalbar sebanyak 80 orang. Terdiri dari tilawah 15 orang, Hifzil Quran 10 orang, Hadits 4 orang yang merupakan cabang terbaru, syarhil Alquran 6 orang, fahmil Alquran 6 orang, Khattil Quran 8 orang, dan usia emas 1 orang. Selain peserta, ada pula Official 11 orang, penasihat 3 orang, pembina 3 orang dan ketua kafilah 1 orang, koordinator majelis 1 orang dan pengurus lainnya.

Dan hasilnya, Kafilah Kabupaten Sintang berhasil mengirim kafilahnya menuju babak final untuk 13 cabang golongan yakni Tilawah Tartir Putra, Tilawah Anak-Anak Putra, Tilawah Qiratus Sab’ah Muratal Remaja Putri, Tilawah Qiratus Sab’ah Muratal Dewasa Pria, Tilawah Qiratus Sab’ah Muratal Mujawad Dewasa Wanita, Hifdzil 5 Juz + Tilawah Putri, Hifdzil 30 Juz Putri, Hifdzil 100 Hadist Dengan Sanad Putri, Fahmil Qur’an Putri, Fahmil Qur’an Putra, Khattil Naskah Putri, Khattil Kontemporer Putra dan Khattil Hiasan Mushaf Putra.

“Alhamdulilah, Kafilah Sintang bisa sampai pada babak final untuk 13 cabang golongan. Dan hari ini sudah mulai final,"katanya.

Sebelumnya Bupati Sintang Jarot Winarno akan memberikan bonus bagi peserta Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) yang berhasil merebut juara.

“Kami akan memberikan bonus kepada kafilah Sintang yang meraih juara dan mampu meraih peringkat 5 besar dalam ajang MTQ XXIX tingkat Provinsi Kalbar yang digelar di Kabupaten Sintang,"kata Jarot.

Selain untuk motivasi, kata Jarot pemberian bonus tambahan ini juga sebagai bentuk apresiasi bagi para peserta yang berprestasi.

Hal itu juga jadi salah satu strategi bagi pemerintah Sintang untuk memicu para peserta agar dapat memberikan penampilan yang maksimal, demi mewujudkan target menjadi juara umum di ajang bergengsi ini.

“Namun jika target itu tidak berhasil diraih, saya tetap akan memberikan bonus bagi peserta yang mampu meraih juara di tiap-tiap cabang perlombaan.

“Saya berharap, kafilah kita dapat mengukir prestasi terbaik, bisa masuk 5 besar di perlombaan MTQ XXIX ini,"harap Jarot.

Penulis: Oktavianus Beny