Sekilas Info

Total Senilai Rp 20,6 Miliar

Jarot Apresiasi Badan Usaha yang Sudah Kucurkan CSR

Bupati Sintang Jarot Winarno menyerahkan penghargaan kepada salah satu pimpinan perusahaan dalam acara malam penganugrahan CSR Award 2021 di Pendopo Bupati Sintang, Rabu (15/12/2021) malam

SINTANG I SenentangNews.com- Bupati Sintang Jarot Winarno memberikan apresiasi atas peran badan usaha yang sudah memberikan Corporate Sosial Responsibility (CSR) kepada masyarakat Kabupaten Sintang.

"Kami senang 41 perusahaan, 3 Credit Union, BPJS dan Pertamina berperan dalam pembangunan Sintang,"kata Jarot saat acara malam Penganugerahan CSR Award 2021 di Pendopo Bupati Sintang, Rabu (15/12/2021) malam.

Terkait CSR (Corporate Social Responsibility) dan pembangunan lingkungan, Jarot kembali menyampaikan penghargaannya atas kepedulian perusahaan yang telah membantu pemerintah.

“Pandemi corona belum berakhir, tiba-tiba kita kena musibah bencana alam banjir kurang lebih satu bulan. Dan, kita terus mengantisipasi terjadinya banjir hingga bulan Februari 2022 mendatang. Ditempat lain, Gunung Semeru meletus, terjadi banjir bandang dan gempa bumi. Akibatnya, ini semua menguras finansial pemerintah. Akhir finansial daerah pun berkurang,"kata Jarot.

Menurutnya APBD Sintang yang biasanya 2 triliun, tahun 2022 nanti hanya ada 1,7 triliun. Akhirnya apa, we can’t stand alone. "Kita tidak bisa sendirian menghadapi permasalahan di Sintang ini. Kita perlu bersinergi dan kerjasama untuk membangun Kabupaten Sintang. Pada posisi itulah, CSR atau tanggungjawab sosial perusahaan sangat berarti bagi Kabupaten Sintang,"jelasnya.

Tahun Ketiga Peningkatan Dana CSR

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sintang Kartiyus mengungkapkan bahwa pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) Award sudah dilaksanakan selama 3 tahun berturut-turut.

“Tujuan CSR Award adalah memberikan apresiasi dan memotivasi perusahaan dan badan usaha yang telah bersungguh-sungguh dalam menyalurkan program CSR-nya,"ungkap Kartiyus. Kini

Menurutnya CSR Award tahun 2019 ada 27 perusahaan yang ikut dengan nilai CSR adalah 7,7 milyar. CSR Award Tahun 2020 ada 36 perusahaan, 4 Bank dan 1 Credit Union yang ikut dengan nilai CSR adalah 18,3 milyar dan CSR Award Tahun 2021 ini ada 41 perusahaan, 3 Credit Union, BPJS dan Pertamina dengan total nilai CSR adalah 20,6 milyar.

“Dari data ini, terjadi peningkatan jumlah perusahaan dan nilai CSR dari tahun ke tahun yang sudah diberikan kepada bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan, keagamaan, sosial budaya, olahraga, ekonomi kerakyatan, lingkungan, penanganan covid-19, penurunan prevalensi stunting dan penanganan bencana banjir,"pungkasnya.

Penulis: Oktavianus Beny
error: Content is protected !!