Sekilas Info

Julian Wafat, Anggota Koperasi Bui Nasi Desa Bangun Kecamatan Sepauk Turut Merasa Kehilangan

Foto Kenangan Almarhum Julian Sahri, Saat Acara Tanam Perdana di Desa Bangun Kecamatan Sepauk.

SINTANG | SenentangNews.com – Rasa duka atas wafatnya Julian Sahri juga dirasakan oleh warga desa Bangun kecamatan Sepauk, khususnya bagi para anggota Koperasi Bui Nasi, mitra dari Dharma Satya Nusantara (DSN) Group.

Bagaimana tidak, kata salah seorang pendiri Koperasi Bui Nasi, Heronimus Imus, yang juga saat ini Kepala Desa Bangun. Saat Almarhum masih sebagai Ketua Koperasi Dharma Bhakti, koperasi di Binjai Hilir kecamatan Binjai Hulu itu menjadi tempat tujuan untuk studi banding.

Heronimus Imus, Pendiri Koperasi Raja Swa Juga Kades Bangun Kecamatan Sepauk.

“Almarhum selalu menjadi inspirasi tentang tata-kelola kebun plasma dan kebun mandiri, beliau menjadi tamu kehormatan pada acara Tanam Perdana Sawit Mandiri di desa Bangun pada bulan Oktober 2014 lalu. Almarhum hadir bersama Bupati Milton Crosby,” terang Heronimus Imus. Selasa (14/12/2021) pagi.

Heronimus menambahkan, Koperasi Raja Swa bersama-sama dengan empat koperasi lainnya dari kecamatan Tempunak dan kecamatan Sepauk, memilih Dharma Bhakti sebagai tempat untuk studi banding. Tidak hanya sampai di situ. Usai kegiatan studi banding, komunikasi dan konsultasi para anggota tetap terjalin melalui telepon seluler.

Tentang Dharma Bhakti menjadi pilihan, kata Imus, tentu karena banyak nilai tambahnya. Pertama, kebun plasma anggota Dharma Bhakti ternyata kondisinya lebih baik dari kebun inti perusahaan. Kedua, kredit petani anggotanya sebesar Rp. 70 Miliar di sebuah bank mampu dilunasi dua tahun sebelum jatuh tempo. Sementara ada sejumlah koperasi yang justeru minta penjadwalan-ulang pembayaran.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas