Sekilas Info

Julian Sahri

Anggota DPRD Yang Juga Ketua Dewan Adat Dayak Binjai Hulu Telah Berpulang

Julian Sahri.

SINTANG | SenentangNews.com – Warga dari daerah pemilihan Binjai Hulu, Ketungau Hilir, Ketungau Tengah dan Ketungau Hulu khususnya serta warga Sintang umumnya, hari Senin (13/12/2021) sore merasa kehilangan sosok yang selalu menyuarakan perbaikan infrastruktur. Julian Sahri Anggota DPRD Kabupaten Sintang dari Fraksi Partai Gerindra telah berpulang untuk selamanya.

Almarhum Julian Sahri masuk RSUD Ade M. Djoen pada tanggal. 15 November, dan kemudian dirujuk ke RS Antonius Pontianak pada tanggal. 20 November pukul 01.00 dini hari. Kemudian dari berbagai sumber diketahui bahwa Almarhum Julian Sahri menderita radang pada selaput otaknya.

Sejak tanggal. 21 November media ini berkali-kali melakukan konfirmasi kepada Heri Maturida. Karena Heri Maturida sempat beberapa hari menungguinya di RS Antonius. Saat itu Heri Maturida menginformasikan, bahwa Julian telah melewati masa krisisnya dan sudah dipindahkan dari ruang ICU ke ruang perawatan.

Terpisah, Gregorius Bala Anggota DPRD Kalimantan Barat dari Partai Gerindra yang pernah sama-sama duduk di DPRD Sintang, juga pernah menginformasikan bahwa dirinya sudah empat kali menjenguk Julian di RS Antonius. Namun Gregorius Bala tidak menginformasikan kondisi Julian. Sepertinya tidak merasa tega untuk mengungkapkan kondisi yang sebenarnya.

Hari Senin (13/12/2021) sore, saat dikonfirmasi kembali, Heri Maturida membenarkan berita wafatnya Almarhum Julian Sahri. Kemudian Gregorius Bala saat dihubungi yang ternyata dirinya tengah berada di Bandung, hanya dapat terisak sedih sehingga suaranya tidak begitu jelas didengar.

Sementara, salah seorang kerabat Almarhum Desipar (39) yang saat dikonfirmasi tengah berada di desa Binjai Hilir kecamatan Binjai Hulu, menginformasikan bahwa menurut keluarga lainnya Almarhum akan dibawa ke rumah kediamannya di desa Bijai Hilir.

“Karena keluarga besar Almarhum berada di empat kecamatan, Binjai dan Ketungau,” kisah Desipar.

Almarhum Julian Sahri yang juga Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kecamayan Binjai Hulu, pernah mengukit sejarah saat menjadi Ketua Koperasi Dharma Bhakti. Saat itu tahun 2013 utang anggota para petani sawit Rp. 70 Miliar kepada salah satu Bank di Sintang, dapat dilunasi dua tahun sebelum jatuh tempo.

Di era kepemimpinannya, Koperasi Dharma Bhakti juga menjadi tempat tujuan studi banding lima koperasi di lingkungan PT Dharma Satya Nusantara (DSN) Group.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas