Sekilas Info

Hadapi Banjir Kembali di Sintang, Jokowi Perintahkan Perusahaan dan KLHK Lakukan Persemaian

Presiden Jokowi Meninjau Pengerjaan Geobag di Kelurahan Ladang/foto Instagram Jokowi

SINTANG I SenentangNews.com- Presiden Joko Widodo menggalakan penanaman pohon di sepanjang tepian sungai Kapuas dan Melawi untuk mengatasi perubahan iklim yang mengakibatkan banjir besar di Kabupaten Sintang.

"Saya perintahkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta perusahaan besar melakukan penyemaian untuk penanaman pohon," kata Jokowi, usai meninjau pembangunan tanggul pasir (geotube), di Kelurahan Ladang Kecamatan Sintang, Rabu (8/12/2021).

Menurut Jokowi selain menggalakan penanaman pohon, pembangunan tanggul dari geotube yang di isi pasir itu untuk mengatasi banjir  jangka pendek di Sintang.

"Saya meninjau bangunan infrastruktur geotube penanganan banjir jangka pendeknya, buat tanggul dari geotube di isi dengan pasir untuk mengurangi banjir yang ada,"katanya.

Selain penangan banjir jangka pendek, Jokowi juga akan melakukan penanganan banjir jangka panjang.

"Hujan ekstrim terjadi juga kerusakan daerah aliran sungai, jadi kita akan siapkan penanaman pohon daerah yang berada di sungai Kapuas dan Melawi," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menegaskan perlunya perbaikan catchment area utamanya di hulu.

"Kita akan perintahkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta  perusahaan besar untuk membuat persemaian, untuk penghijauan kembali," tegas Jokowi.

Penulis: Oktavianus Beny