Sekilas Info

PMKS Beli Harga Murah, Betulkah Itu Cara Halus Untuk Tolak Sawit Petani Lokal Mandiri?

Yuliu Yogi (kanan) Saat Ditemui di Tempat Pembibitan Sawit Mandiri.

SINTANG | SenentangNews.com – Wajar saja jika berbagai dugaan muncul ketika ada disparitas mencolok harga pembelian antara Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) yang satu dengan PMKS lainnya. Dugaan yang muncul antara lain, bahwa itu cara halus PMKS tertentu dalam menolak Tandan Buah Segar (TBS) sawit dari petani lokal mandiri.

PMKS pembeli murah tidak dapat mengelak dari munculnya dugaan atau tudingan seperti itu. Pasalnya, banyak PMKS di wilayah yang tidak berjauhan yang dapat dijadikan pembanding. Setidaknya ada 11 PMKS yang dapat diperbandingkan.

Data yang diperoleh dari pedagang jual-beli TBS sawit mandiri di Simpang Pandan, Yulius Yogi (48), menunjukan hasil update harga per Desember 2021 yang dapat dijadikan sebagai harga pembanding. Sudah diketahui sejak lama. bahwa Yogi memiliki link ke hampir semua PMKS di wilayah bagian timur provinsi Kalimantan Barat ini.

Berikut data update harga TBS petani mandiri per Desember 2021 dari Yuliu Yogi,

PT. PSL (Sintang ) Rp. 3.390,-/kg

PT.ASL (Silat) Rp. 2.850,-/kg

PT.SAM (Sintang) Grade A. Rp.3.065,-/kg

PT. PHS (Sekadau) Grade A. Rp. 3.000,-/kg

PT. PARNA (Sekadau) LB. 2.800,-/kg, DB. 3.010/kg,

PT. JULONG (Sintang) Grade A Rp. 2.770,-/kg,

PT. SIP (Pemuar) Grade A Rp. 3.160,-/kg

PT. SDK (Melawi ) Grade A. Rp. 3.140,-/kg

PT. AGRO ANDALAN (Sekadau) Grade A Rp. 3.030,-/kg

PT. CNIS (Sanggau) Rp. 3.130,-/Kg

PT. Bonti (Sintang) Rp. 3.090,-/Kg

Terkait hal ini, Yulius Yogi hanya berpendapat, bahwa wajar saja para petani mandiri jika melihat ada perbandingan harga cukup mencolok kemudian mereka mempunyai dugaan seperti itu.

Terpisah, seorang petani sawit lokal mandiri di Desa Lalang Baru kecamatan Sintang, Wesno, saat dihubungi hanya membenarkan dirinya juga sudah mendapat data dari Yulius Yogi. Dirinya juga mengalami penjualan ke PMKS Julong dibeli dengan harga sangat murah. Areal kebun mandiri milik Wesno berdekatan dengan dan masih satu desa dengan lokasi PMKS milik PT. Julong.

“Harga di PMKS PT Julong sangat rendah. Atau mungkin harga yang rendah ini karena PMKS PT. Julong masih dalam persiapan dan uji-coba. Masih persiapan atau tidaknya hanya pemberi izin dan perusahaan yang tahu,” ucap Wesno.

terkait hal ini, SenentangNews hanya berhasil konfirmasi dengan PT. Agro Andalan Imanuel Tibian, yang membenarkan harga pembelian di pabrik Agro Andalan yang terletak di desa Setawar (Jalan Kayu Lapis) kecamatan Sekadau Hilir memang sama dengan data update dimaksud.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas