Sekilas Info

Bahas Pengganti Wabup Sintang, Partai Koalisi JADI Masih Malu-Malu Ajukan Nama

Sejumlah parpol pengusung maupun pendukung JADI menggelar rapat koalisi perdana di Hotel Sakura, Senin (22/11/2021) malam

SINTANG | SenentangNews.com- Partai Koalisi Jarot Sudiyanto (JADI) menggala rapat perdana membahas pergantian wakil bupati Sudiyanto yang berhalangan tetap karena meninggal dunia sejak 18 September 2021 yang lalu di Hotel Sakura, Senin (22/11/2021) malam.

Rapat dihadiri sejumlah pimpinan partai pengusung, seperti Plt Ketua DPD Nasdem Sintang Florensius Ronny, Sekretaris DPD Golkar Sintang Apit, Wakil Ketua DPC PKB Sintang M Chomain Wahab, Ketua DPC PPP Ghulam Raziq, Ketua DPC PKPI Hardoyo, serta beberapa pengurus lainnya.

Sementara, perwakilan partai pendukung JADI juga turut hadir Seperti Ketua PSI Sintang Zainudin, Widodo dari Partai Berkarya, Salbiah dari Partai Garuda, Solihin PKS dan Agus PID.
Dalam rapat tersebut partai Koalisi dengan julukan Adil bersatu ini justru enggan terburu-buru menentukan siapa figur wakil bupati Sintang periode 2021-2024.

Meski demikian partai pendukung PSI justru dengan terang menyebut nama yang akan dicalonkan.

Plt Ketau DPD Nasdem Sintang Florensius Ronny mengatakan rapat perdana koalisi adil bersatu masih dalam tahap konsilidasi lima partai pengusung dan lima partai pendukung.

“Secara spesifik dalam rapat ini untuk mengusulkan nama belum ada, namun demikian hanya partai PSI yang memang sudah mengusulkan dua nama yakni bapak Simon Djalil dan Alexsius Akim,”kata Ronny.

Menurut Ronny Partai Nasdem Sintang sendiri masih menunggu mekanisme dan tahapan partai. Sebab pemilihan pengganti setingkat bupati dan wakil bupati harus ada persetujuan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

“Kami dalam hal ini membuka pintu bagi partai-partai pendukung yang tidak memeliki kursi di parlemen untuk Nasdem tampung selanjutnya akan kami akomodir untuk disampaikan ke DPW sehingga bisa mendapatkan SK dari DPP,”kata Ronny.

Koalisi JADI berfose bersama di depan Hotel Sakura Sintang

Nasdem Sintang lanjut Ronny akan memberikan peluang kepada putra/putri terbaik Sintang mendampingi Jarot Winarno dalam memimpin Sintang kedepan.

“Sampai malam ini saya belum ada kepikiran untuk maju ke tampil. Intinya kita menampung dulu aspirasi partai pengusung maupun pendukung,”kata Ronny tersipu malu.

Wakil Ketua I PKB Sintang M. Chomain Wahab mengaku pihaknya belum mengusulkan nama untuk dicalonkan menggantikan almarhum Sudiyanto sebagai wakil bupati Sintang. pihaknya masih menunggu siapa saja yang akan menjalin komunikasi dengan PKB.

“Belum lah, karena kita juga masih menunggu nama yang nantinya akan kita bawa ke DPW,”katanya.

Disinggung calon wakil bupati yang akan disiapkan dari internal PKB, Chomain menyebut bahwa dirinya belum siap. ”Sampai malam ini belum ada, termasuk saya. Mungkin endak lah. Karna saya masih mau fokus bisnis dulu,”kata Chomain.

Terpisah Ketua DKP PKPI Kabupaten Sintang Hardoyo mengatakan Partai PKPI terbuka bagi siapa saja yang mau mencalonkan diri melalui partainya baik melalui komunikasi maupun koordinasi. Sebab mekanisme proses pencalonan Bupati/ Wakil wajib di sampaikan dan di koordinasikan ke pengurus provinsi untuk mendapatkan rekomendasi dari pengurus Tingkat pusat.

“Untuk mekanisme dari PKPI seperti itu berdasarkan rujukan UU Nomor 10 Tahun 2016 pasal 176 ayat 1 dan 2,”tutup Hardoyo.

Penulis: Oktavianus Beny