Sekilas Info

Peduli Bencana Banjir, Lima Credit Union Kota Sintang Bersatu Bantu Warga Terdampak

Suasana Saat Tim Lima CU Membagikan Paket Bantuan di Salah Satu sasaran.

SINTANG | SenentangNews.com – Sampai hari ini, belum ada tanda-tanda bencana banjir akan berakhir. Jika pun terjadi penurunan permukaan air beberapa Cm, kemudian dalam semalam terjadi pasang naik lagi beberapa Cm. Begitu, kata Edi Hendi, koordinator tim relawan dari aktivis KSP CU Keling Kumang, Kamis (11/112021) di Sintang.

“Selain memantau di lapangan, kami terus memonitor pemberitaan termasuk dari Prokopim Sintang di media sosial. Oleh sebab itu pada tanggal. 6 November lalu KSP CU Keling Kumang beserta empat CU lainnya tergerak untuk ambil peran memberikan bantuan berupa bahan pokok untuk warga terdampak di sejumlah tempat,” terang Edi Hendi.

Edi merincikan, lima CU yang bersatu padu memberikan bantuan antara lain, KSP CU Keling Kumang, CU Lantang Tipo, Kopdit CU Bima, CU Pancur Kasih dan CU Tri Tapang Kasih. Tim membagikan langsung 400 paket sembako di beberapa titik. Antara lain di Sungai Kawat, Paroki Katedral Sintang, Paroki MRSA Sungai Durian dan di Masuka.

Saat menyebarkan bantuan ke sebuah tampat sasaran.

Selain membagikan paket sembako, tim juga melakukan kunjungan ke posko pengungsian di Bangsal Sebeji Teluk Menyurai. Kunjungan ini untuk membantu para relawan menyerahkan nasi siap santap kepada pengungsi di Bangsal Sebeji.

“Dilanjutkan beberapa aksi tim diantaranya donor darah di gedung Balai Keyalang, guna membantu masyarakat yang sedang membutuhkan darah. Melalui Kegiatan Credit Union peduli ini, diharapkan dapat sedikit meringankan beban para korban terdampak banjir,” kata Edi Hendi.

Yesias Atanasius, Gembala Sidang GKII Sungai Kawat mengatakan sangat bersyukur atas bantuan yang diberikan oleh para aktivis CU sekota Sintang ini. Dikatakannya bahwa semenjak banjir melanda, beberapa hari terakhir sangat sulit mencari persedian bahan makanan, dampak dari semua akses menuju pasar lumpuh total.

Tempat untuk mengungsi sekarang, merupakan satu-satunya tempat yang terbilang tinggi di wilayah Sungai Kawat. Jika banjir terus naik, akan sulit mencari tempat pengungsian yang baru.

“Kita tetap bersyukur dengan kondisi seperti ini. Tuhan tetap pelihara kita lewat berkat dari berbagai pihak. Satu diantaranya saat ini adalah dari CU se-kota Sintang, “ ujar Yesias Atanasius.

Terpisah, kegiatan kemanusiaan ini juga mendapat apresiasi dari Camat Sintang Siti Musrikah. Dalam pesan singkatnya Siti Musrikah menyampaikan ucapan terima kasih atas aksi CU peduli ini, Pemerintah sangat terbantu dengan banyak pihak yang telah terlibat dalam membantu pemerintah menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas