Sekilas Info

Bantu Warga Terdampak Banjir, Lasarus Kembali Salurkan Beras 18 Ton Beras

Marsianus

SINTANG I SenentangNews.com- Banjir besar yang melanda Kabupaten Sintang belum ada tanda-tanda akan surut. Akibat banjir tersebut ribuan rumah warga terendam akibat banjir. Melalui Lasarus Peduli, Ketua Komisi V DPR RI Lasarus kembali menambah bantuan paket sembako bagi korban banjir di bumi Senentang.

Adapun tambahan bantuan tersebut terdiri dari 18 ton beras, 300 makanan kaleng, 1.000 dus mi instan dan 150 dus air mineral. Sebelumnya Lasarus Peduli juga telah membantu 26 ton beras, gula 2.5 ton, kopi 600 kg, telor 12.080 butir, sarden 100 dus, biskuit 100 dus dan mi instan 1000 dus. Tak hanya itu bantuan juga di serahkan ke Sekadau, Melawi dan Kapuas Hulu masing-masing 9 ton beras.

"Sampai hari ini, sebanyak 2.600 paket sembako sudah kita bagikan ke 10 desa di Sintang. 8 desa di pesisir Sungai Kapuas dan 2 desa di pesisir Sungai Melawi,” kata Relawan Peduli Lasarus, Marsianus, Selasa (9/11/2021).

Menurut Marsianus, relawan peduli Lasarus juga sudah memberikan bantuan setiap harinya melalui gereja katolik dan protestan dan bantuan ke dapur-dapur umum berupa beras dan telur.

"Kita juga memberikan bantuan secara pribadi yang dalam kondisi yang mendesak,"jelas Marsianus.

Sejauh ini kata Marsianus pihaknya masih menunggu data dari pemerintah terkait dalam hal penyalurannya supaya bantuan yang diberikan tidak tumpang tindih.

"Intinya bantuan yang diberikan kepada masyarakat tidak tumpang tindih,"jelas Marsianus.

Dalam waktu dekat lajut Marsianus pihaknya akan menyerahkan bantuan ke Kelam Permai, Kayan Hilir dan Ketungau Hilir. Sementara di Kecamatan Dedai penyalurannya sudah berjalan.

"Ada 10 desa yang sudah kami salurkan. Itu tersebar di Kecamatan Tempunak, Kecamatan Sepauk, Kecamatan Binjai Hulu dan Kecamatan Dedai. Sejumlah kelurahan di Kecamatan Sintang juga sudah kita salurkan,”pungkaanya.

Sebelumnya Ketua Komis V DPR RI lasarus juga meminta kepada perusahan sawit untuk tidak tutup mata dan bisa turun tangan membantu korban banjir. Tak hanya itu Lasarus meminta pemerintah daerah dan Propinsi untuk mengejar perusahaan sawit untuk memberikan bantuan.

"Kita minta pemerintah Sintang, Melawi dan Kapuas Hulu untuk mengejar perusahaan-perusahaan sawit untuk memberikan bantuan bagi masyarakat terdampak banjir,"kata Lasarus.

Ketua Komisi V DPR RI Lasarus memberikan bantuan paket sembako bagi masyarakat terdampak banjir di Sintang

Menurut Lasarus bencana banjir yang melanda beberapa kabupaten di wilayah timur kalbar salah satunya disebabkan oleh perusahaan sawit. "Karena banjir ini juga merupakan bagian dari perusahaan sawit. Ini harus diakui,"kata Lasarus.

"Perusahaan peduli ndak, kita mulai ni rakyat biasa. Kami tidak cari makan dari sawit tapi kami berbuat. You (perusahaan) cari makan dari sawit apa yang sudah kalian perbuat, belum liat kita ni, kalau ada dimana, supaya kita tidak tumpang tindih,"tegal Lasarus.

Dikatakannya melalui sentuhan kecil yang ia buat, Ketua DPD PDI Perjuangan ini berharap perusahaan bisa tergerak hatinya untuk dapat membantu masyarakat yang terdampak.

"Saya berani undang pers karena saya berani memulai sentuhan kecil. Mudah-mudahan sentuhan kecil ini bisa mengetuk hati mereka (perusahaan sawit) juga, yang memang bagian dari banjir hingga naik seperti ini. Sebab orang tua kita cerita, ndak pernah air sedalam ini,"pungkasnya.

Penulis: Oktavianus Beny