Sekilas Info

Kepala BNPB Prihatin Musibah Banjir di Sintang

Kepala BPNB meninjau banjir di kabupaten sintang menggunakan tronton di kawasan simpang lima sintang

SINTANG I SenentangNews.com-Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito meninjau lokasi terdampak banjir di Kabupaten Sintang, Selasa (9/11/2021).

Dalam peninjauan tersebut, Jendral bintang tiga ini beserta rombongan melihat langsung banjir menggunakan mobil tronton menyusuri jalan Lintas Melawi akibat meluapnya sungai Melawi dan Kapuas sejak dua pekan terakhir.

Disela-sela peninjauan tersebut Ganip mengaku prihatin atas musibah banjir di Kabupaten Sintang khususnya bagi masyarakat yang terdampak.

Menurut Ganip banjir yang terjadi saat ini diakibatkan adanya fenomena La Lina yang mengakibatkan padanya peningkatan curah hujan yang tinggi serta adanya penurunan suhu.

"Oleh sebab itu kita sudah memerintahkan jajaran forkopimda untuk berkoordinasi mengatasi banjir bagi masyarakat yang terdampak. Saya melihat banjir yang terjadi saat ini diakibatkan curah hujan yang cukup tinggi sebab sesuai prediksi BMKG hingga Januari-Februari 2021 kedepan,jelasnya.

Ganip menilai bahwa dalam upaya penanganan dan pengurangan risiko bencana banjir di Kabupaten Sintang dibutuhkan kerja sama berbagai pihak.

"Kita sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah, forkopimda baik itu Bupati, Kapolres, Dandim maupun Danyon agar bersinergi dan

Selanjutnya 1 2