Sekilas Info

Lasarus: Perusahaan Sawit Jangan Tutup Mata Bantu Korban Banjir

Ketua Komisi V DPR RI Lasarus

SINTANG I SenentangNews.com- Ketua Komisi V DPR RI Lasarus meminta kepada perusahan sawit untuk tidak tutup mata dan bisa turun tangan membantu korban banjir. Tak hanya itu Lasarus meminta pemerintah daerah dan Propinsi untuk mengejar perusahaan sawit untuk memberikan bantuan.

"Kita minta pemerintah Sintang, Melawi dan Kapuas Hulu untuk mengejar perusahaan-perusahaan sawit untuk memberikan bantuan bagi masyarakat terdampak banjir,"kata Lasarus saat meninjau posko peduli lasarus di Jalan YC Oevang Oeray, Minggu (6/11/2021).

Menurut Lasarus bencana banjir yang melanda beberapa kabupaten di wilayah timur kalbar salah satunya disebabkan oleh perusahaan sawit. "Karena banjir ini juga merupakan bagian dari perusahaan sawit. Ini harus diakui,"kata Lasarus.

"Perusahaan peduli ndak, kita mulai ni rakyat biasa. Kami tidak cari makan dari sawit tapi kami berbuat. You (perusahaan) cari makan dari sawit apa yang sudah kalian perbuat, belum liat kita ni, kalau ada dimana, supaya kita tidak tumpang tindih,"tegal Lasarus.

Dikatakannya melalui sentuhan kecil yang ia buat, Ketua DPD PDI Perjuangan ini berharap perusahaan bisa tergerak hatinya untuk dapat membantu masyarakat yang terdampak.

"Saya berani undang pers karena saya berani memulai sentuhan kecil. Mudah-mudahan sentuhan kecil ini bisa mengetuk hati mereka (perusahaan sawit) juga, yang memang bagian dari banjir hingga naik seperti ini. Sebab orang tua kita cerita, ndak pernah air sedalam ini,"ucapnya.

Melihat kedalaman debit air yang semakin dalam, Politisi senayan ini meminta kepada pemerintah untuk menetapkan status bencana nasional.

"Kalau melihat situasi yang semakin darurat seharusnya Sintang sudah berstatus bencana nasional. Saya belum tahu apakah pemerintah Sintang sudah menetapkan itu apa belum. Tapi yang terpenting bagaimana masyarakat yang terdampak bisa makan dan tatap sehat serta bisa bertahan hidup,"pungkasnya.

Penulis: Oktavianus Beny
Baca Selanjutnya Nasdem Sekadau Peduli Banjir