Sekilas Info

Jalan Kwee Jiu Hoi, Satu-Satunya Jalan Alternatif Di KKH Hampir Putus

Jalan Kwee Jiu Hoi Satu-satunya Jalur Alternatif Hampir Putus.

SINTANG | SenentangNews.com – Saat jalan Wirapati tepatnya di depan Masjid Darussalam banjirnya semakin dalam, jalan Kwee Jiu Hoi menjadi satu-satunya jalan alternatif di Kapuas Kanan Hulu (KKH) dan sekitarnya. Jalan ini melalui dataran tinggi Mungguk Serantung kemudian melalui jalan Ade Irwan (Eks SMA Chairul Mukminin) dan betemu lagi dengan jalan MT Haryono.

Selama hampir sebulan jalan yang biasanya lengang ini menjadi padat lalu-lintas. Bukan hanya dilalui oleh pengendara yang menghindari banjir di jalan Wirapati, jalan ini juga merupakan jalur pintas anak sekolah SMPN 2 dan SMAN 2.

Semakin melebarnya genangan banjir di simpang Mapolsek Sintang hingga di depan kantor CU Keling Kumang membuat jalur ini menjadi hampir terputus. Hanya para pengendara yang nekat dan yang berkeperluan mendesak saja yang masih berani melalui jalur ini.

Mungguk Serantung Jadi Sasaran Tempat Penitipan Kendaraan

Seorang warga di jalur jalan ini, Nestor (30) mengisahkan kepada media ini Jumat (5/11/2021) siang, bahwa sebelum simpang Mapolsek digenangi banjir, jalan ini ramai dilalui kendaraan dari subuh hingga jauh malam. Termasuk para pedagang sayur keliling yang pulang pergi ke Pasar Masuka. Sekarang frekuensi lalu lintas jauh menurun.

“Ada fenomena lain di jalan Kwee Jiu Hoi saat ini. Yaitu karena Mungguk Serantung topografinya merupakan dataran cukup tinggi, halaman rumah yang cukup luas telah menjadi sasaran tempat penitipan kendaraan roda empat milik warga pasar,” terangnya.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas