Sekilas Info

Kawasan Perbatasan Kalbar-Sarawak

Mungguk Gelombang Ingin Maju Sejajar Dengan Desa Yang Telah Maju

Rafael Usup, Kepala Desa Mungguk Gelombang.

SINTANG | SenentangNews.com – Desa Mungguk Gelombang (Kode Kemendagri 61.05.05) adalah salah satu desa dari 29 desa yang berada di wilayah kecamatan Ketungau Tengah kabupaten Sintang. Terletak di bagian kanan-mudik Sungai Ketungau, desa ini berbatasan langsung dengan desa Wana bhakti, desa Kubu Berangan, desa Gut Jaya Bakti dan desa Nanga Kelapan.

Menurut Kepala Desa Mungguk Gelombang Rafael Usup, Kamis (4/11/2021) saat ini Mungguk Gelombang berpenduduk 1.742 jiwa, tersebar di dusun Mungguk Payan, dusun Sungai Antu, dusun Sepulau. Dan dusun Mungguk Gelombang sebagai pusat desa.

Di masa lalu desa di kawasan perbatasan Kalimantan Barat – Sarawak ini pernah terisolir. Kemudian di tahun 90 an masuk proyek jalan program Abri Masuk Desa (AMD) Skala Besar. Setelah itu selama belasan tahun tidak ada lagi penangan jalan. Tiga tahun belakangan ini, masuk lagi proyek besar-besaran yang membuka akses jalan ke Merakai dan Senaning. Jalan besar ini melintasi sejumlah desa yang ada di bagian kanan-mudik sungai Ketungau.

“Cukup beruntung dari empat buah dusun di desa Mungguk Gelombang tiga diantaranya dilintasi oleh jalan besar. Ini akan lebih memudahkan untuk dibangun. Hanya dusun Mungguk Payan yang agak masuk ke dalam,” terang Rafael.

Rafael juga berharap agar akses yang menghubungkan antara bagian kiri-mudik dan bagian kanan mudik segera tersambung.

“Tersambungnya akses ini, adalah kunci lajunya pembangunan di bagian kanan-mudik sungai Ketungau. Mungguk Gelombang ingin maju dan sejajar dengan desa-desa lain yang telah maju. Untuk itu Pemerintah Desa Mungguk Gelombang siap mendukung semua program pemerintah,”

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas