Sekilas Info

Keling Kumang Serahkan Bantuan Bencana Banjir Di Empat Kabupaten

Aktivis CU Keling Kuman Saat menyerahkan Batuan Korban Banjir di Dinas Sosial Sintang

SINTANG | SenentangNews.com – KSP CU Keling Kumang ambil bagian dalam membantu korban bencana banjir. Kegiatan sosial ini, dilaksanakan di empat kabupaten, yakni Sintang, Melawi, Sekadau dan Sanggau. Untuk di kabupaten Sintang bantuan diserahkan di Dinas Sosial Kabupaten Sintang, Kamis (4/11/2021) di halaman kantor Dinas Sosial Kabupaten Sintang. Sebagian bahan pokok ada juga yang diserahkan di Posko Baning Kota.

Bantuan tersebut berbentuk bahan pokok yang dapat segera diolah berupa beras, mie instan dan telur ayam. Untuk mencapai lokasi tujuan, kendaraan pengangkut bahan pokok ini harus melalui lokasi banjir di jalan Lintas Melawi.

Mewakili Kepala Dinas Sosial Sintang, Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Hasan Basri mengatakan, Dinas Sosial Kabupaten Sintang merasa terbantu dengan adanya bantuan bahan pokok seperti ini. Karena memang saat ini kita sedang mengoptimalkan beberapa titik dapur umum. Ada beberapa wilayah kelurahan yang tengah membuka dapur umum.

“Bantuan-bantuan ini akan didistribusikan di dapur-dapur umum yang telah dan yang segera dibuka. Terutama untuk korban banjir yang sampai hari ini rumahnya masih terendan dan tidak dapat ditinggali. Sejak 27 Oktober lalu hingga hari ini Dinas Sosial masih terus mendistribusikan makanan siap saji berupa nasi kotak,” terang Hasan Basri.

Ditambahkannya, bahwa sebetulnya sudah ada beberapa dapur umum. Namun karena kehabisan logistik sementara kegiatannya di stop dulu. Kemudian karena banjir terus berlangsung, kemudian ada lagi berapa banyak bantuan yang disampaikan diantaranya oleh dari pemerintah provinsi, komunitas, pihak swasta dan sejumlah elemen masyarakat, sehingga beberapa dapur umum diaktifkan kembali.

Staf Keling Kumang Edi Hendi yang memimpin kegiatan ini di lokasi, sempat menjelaskan bahwa kegiatan sosial KSP CU Keling Kumang ini dilakukan di empat kabupaten yang paling terdampak banjir, yaitu selain di Sintang juga di Melawi, Sekadau dan Sanggau. Pada saat bencana banjir tahun 2020 lalu pun, KSP CU Keling Kumang juga melakukan hal yang sama melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

“Bantuan ini tidak seberapa, namun dengan yang sedikit ini semoga akan turut meringankan beban pemerintah khususnya Dinas Sosial setempat,’ ucap Edy Hendi.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas