Sekilas Info

Universitas Kapuas Sintang Mewisuda Angkatan Ke XVIII Sebanyak 331 Wisudawan

Suasana Prosesi Wisuda UNKA Sintang Angkatan Ke XVIII Tahun 2021.

SINTANG | SenentangNews.com – Mengambil tempat di GOR Apang Semangai komplek stadion Baning Sintang, Sabtu pagi tanggal. 30 Oktober 2021, Universitas Kapuas (UNKA) Sintang telah mewisuda Angkatan Ke XVIII sebanyak 331 wisudawan Program S1.

Hadir dalam acara ini Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Sintang Yustinus. J, S.Pd. MAP mewakili Plh. Bupati Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M.Si. Yang menarik, diantara para undangan nampak hadir Bupati Sintang Periode 2020-2005 Drs. Elyakim Simon Djalil.

Menurut data rincian, wisudawan dari tujuh Prodi dibawah empat fakultas yang diwisuda terdiri; Prodi Agroteknologi 48 orang, Prodi Kehutanan 19 orang, Prodi Ilmu Hukum 39 orang, Prodi Pendidikan Biologi 19 orang, Prodi Administrasi Bisnis 71 orang dan Prodi Administrasi Publik sebanyak 135 orang.

Menurut Rektor UNKA Sintang, Dr. Antonius, S.Hut, MP sejak didirikan pada tahun 1992 jumlah alumnus tercatat ada 5.805 orang. Sebagai satu-satunya Unversitas di wilayah timur provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), berada di wilayah yang tergolong 3T (terluar, terdepan, terbelakang), terus berupaya melakukan pembenahan di berbagai lini. Sadar akan keterbatasan. UNKA berusaha untuk menjadikan UNKA yang berkualitas dan berdaya saing.

Saat ini UNKA telah memiliki tujuh Prodi di bawah empat fakultas dengan dukungan sarana dan prasarana berupa perpustakaan, laboratorium dan ruang kuliah yang masih terbatas seiring dengan tuntutan standar pelayanan dunia pendidikan tinggi. Untuk itu UNKA terus menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, guna pengembangan UNKA baik sarana maupun prasarana serta peningkatan kualitas akademis dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa.

Terlebih dalam menyongsong program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Di sisi SDM, UNKA telah memiliki sembilan dosen berkualifikasi Doktor, dan ada lima dosen tengah menempuh studi lanjut program Doktor, salah satunya berhasil memperoleh beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) sebagai beasiswa bergensi yang dikelola Kementerian Keuangan.

“Dalam waktu dekat, ada beberapa program prioritas antara lain pembangunan UKM, peningkatan kualitas layanan perpustakaan berbasis IT, laboratorium komputer dan bahasa inggris serta pembangunan usaha pengembangan koperasi sebagai wujud untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan,” ungkap Antonius.

Antonius juga mengatakan, tidak mustahil pengembangan kualitas dan kuantitas UNKA dapat dilakukan lebih cepat. UNKA harus berperan dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) Saat ini Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kalbar masih berada diurutan ke 30 dari 34 provinsi. Oleh sebab itu UNKA terus membuka diri dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusa, dunia usaha dalam dan luar negeri. Utamanya dalam hal pengembangan sarana dan prasana, beasiswa, tempat magang mahasiswa, tempat penelitian dosen dan kegiatan lainnya.

Universitas Kapuas Sintang.

“Kemajuan Universitas Kapuas bukanlah semata-mata hasil dari upaya sivitas akademikanya saja, melainkan juga karena peran besar para alumnusnya. Sehingga para alumnus harus mampu untuk menjadi katalisator antara lain sebagai agent of promotion, sebagai contributor dan iron stock,” kata Antonius.

Ketua Umum Yayasan Melati Sintang, Kusnidar S.Sos, MM merasa bersyukur, di masa pandemi Covid-19 dan bencana banjir dapat menyelenggarakan acara wisuda. Kusnidar mengucapkan terima kasih kepada Satgas Covid-19 yang telah merekomendasikan kegiatan ini dan turut mengawasi protokol kesehatan.

Atas nama yayasan dan UNKA, Kusnidar juga menyampaikan terima kasih kepada kepada orang tua/keluarga wisudawan yang sudah percaya kepada UNKA sebagai universitas satu-satunya di wilayah timur Kalbar. Kepercayaan masyarakat lah yang membuat UNKA tetap berdiri kokoh. Juga kepada Civitas Akademika UNKA yang sudah se optimal mungkin mendidik mahasiswa sehingga hari ini dapat di wisuda.

Dibagian terakhir sambutannya, Kusnidar mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sintang yang telah membangun Gedung Utama UNKA yang pembangunannya telah dimulai di tahun 2021 ini.

Masih ada beberapa hal disampaikan oleh Kusnidar, termasuk tentang hadirnya 331 orang sarjana baru yang diharapkan akan mampu berkontribusi di berbagai bidang serta akan meningkatnya IPM wilayah timur Kalbar.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas