Sekilas Info

Yustinus: UMKM Kunci Pemulihan Ekonomi di Tengah Pendemi

Asisten I Setda Sintang Yustinus Meninjau Produk UMKM yang dipasarkan di PT Indomaret

SINTANG I SenentangNews.com- PT. Indomarco Prismatama (Indomaret Group) wilayah Kalimantan Barat menggelar pelatihan Kewirausahaan Mandiri bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah serta Industri Kecil Menengah di Balai Praja Kantor Bupati Sintang Selasa (26/10/2021).

Kegiatan dibuka Plh Bupati Sintang yang diwakili Asisten I Setda Sintang Yustinus. Hadir juga Yohanus Yohan Purnama sebagai Deputy Brand Manager (DBM) PT. Indomarco Prismatama (Indomaret Group) untuk wilayah Kalimantan Barat, Sekretaris Dinas Perindagkop dan UKM Kabupaten Sintang Ernawati serta 63 orang pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah serta Industri Kecil Menengah yang ada di Kabupaten Sintang.

Sekretaris Disperindagkop dan UKM Ernawati mengatakan pelatihan ini bagian dari komitmen Pemda Sintang dalam mendukung program perubahan untuk menyiapkan tenaga kerja andal dan berdaya saing, sekaligus menciptakan masyarakat yang terampil di berbagai bidang.

"Bekal keterampilan dan kecakapan bagi wirausaha serta pelaku UMKM menjadi salah satu sasaran strategis Pemda Sintang, untuk peningkatan kapasitas masyarakat dalam penanggulangan kemiskinan dan pengangguran, sehingga mampu mengembangkan lapangan usaha mandiri yang berdaya saing,"kata Ernawati.

Plh bupati Sintang yang diwakili Asisten I Setda Sintang Yustinus mengucapkan terima kasih kepada PT. Indomarco Prismatama yang sudah berkerjasama dalam membantu dan membina bagi pelaku usaha kecil di Kabupaten Sintang ini

"Ini merupakan wujud kepedulian kita bersama dalam memajukan dan menumbuhkembangkan UMKM yang maju dan adaptif dengan kebutuhan global. Saya yakin kegiatan seperti ini akan sangat bermanfaat dalam upaya memberikan ruang kreatif, edukatif serta strategis di sektor UMKM untuk semakin berkembang,"kata Yustinus.

Menurut Yustinus Pemerintah terus mendorong kebangkitan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai langkah yang tepat dalam pemulihan ekonomi.

“Pertumbuhan ekonomi memiliki tantangan dan sementara yang kita lihat bahwa UMKM menjadi kunci pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 ini,"jelas Yustinus.

Penulis: Oktavianus Beny