Sekilas Info

Banjir Besar di Sintang, Pemkab Hentikan Sementara Pembelajaran Tatap Muka

Yosepha Hasnah

SINTANG I SenentangNews.com- Pemerintah Kabupaten Sintang menghentikan sementara kegiatan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) bagi yang bangunan sekolahnya terendam banjir. Selama PTMT dihentikan, kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan sistem belajar dari rumah.

Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Bupati Sintang Nomor: 420/4947/Disdikbud.A2 tertanggal 25 Oktober 2021. Surat ditujukan kepada Kepala Sekolah PAUD, TK, SD dan SMP Se Kabupaten Sintang.

Pada surat tersebut, keputusan untuk menghentikan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) bagi yang bangunan sekolahnya terendam banjir adalah karena banjir besar yang melanda di Kabupaten Sintang.

“Bagi lingkungan sekolah dan sekitarnya yang tergenang banjir, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) terhitung mulai tanggal 26 Oktober 2021 dihentikan sementara dan proses pembelajaran dilakukan Belajar Dari Rumah (BDR). Apabila banjir sudah surut, situasi dan kondisi di lingkungan sekolah dan sekitarnya sudah memungkinkan PTMT dapat dimulai kembali,"ujar Plh Bupati Sintang Yosepha Hasnah.

Yosepha juga menghimbau agar para kepala sekolah dan dibantu guru agar mewaspadai bahaya banjir besar ini dengan mengamankan aset-aset sekolah di titik paling aman.

"Bagi sekolah yang tergenang banjir, agar kepala sekolah segera membuat laporan tertulis kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang,"imbaunya.

Sementara itu data sementara Pemerintah Sintang, banjir menyebabkan lebih dari 20 ribu kepala keluarga terdampak di 12 kecamatan. Data tersebut berpotensi bertambah mengingat curah hujan intensitasnya semakin tinggi.

"Kami tetap menghimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap banjir kali ini. Kita juga sudah menyiapkan tempat pengungsian sementara seperti bangunan SD, SMP dan fasilitas umum lainnya,"pungkasnya.

Penulis: Oktavianus beny