Sekilas Info

Solidaridad Wujudkan Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan di Bumi Senentang

SINTANG I SenentangNews.com- Pembangunan sektor perkebunan di Kabupaten Sintang menjadi salah satu unggulan yang tidak hanya dikembangkan oleh perusahaan swasta, namun perkebunan mandiri masyarakat juga terus tumbuh dan berkembang sekarang ini.

Dalam rangka mendorong perkebunan sawit mandiri tersebut, Yayasan Solidaridad Kabupaten Sintang menggelar media gathering bersama insan pers dalam mewujudkan Sintang yang berkelanjutan. Kegiatan yang bertajuk ngobrol santai tersebut diadakan di Canopy Jl YC Oevang Oeray, Senin (18/10/2021) kemarin.

Suksma Ratri satu diantara perwakilan Solidaridad Kabupaten Sintang mengatakan bahwa pembangunan kelapa sawit berkelanjutan diperlukan guna membangun perekonomian hijau atau ramah lingkungan di bumi Senentang.

Menurut Ratri untuk tahap awal pihaknya akan membina kelompok petani kelapa sawit mandiri yang ada di Kabupaten Sintang dan sekitarnya. Hal tersebut diperlukan supaya petani mandiri bisa berkembang dan maju.

"Pembinaan kepada kelompok petani mandiri misalnya bagaimana membina organsiasi kelompok tani menjadi lebih baik, proses pemetaan kebun, hingga kemitraan dengan perusahaan. Nah ini yang akan kita dorong bersama-sama,” katanya.

Kedepan kata Ratri menjadikan petani mandiri di Sintang dalam penerapan perkebunan berkelanjutan sesuai standar Indonesian Sustainable Palm Oil System (ISPO) yang ditetapkan pemerintah.

“Oleh sebab itu, aspek memelihara lingkungan dan penguatan lembaga hubungan sosial, adalah salah satu persyaratan ISPO. Kami pun mencoba berupaya bermitra dengan insan pers yang ada di Kabupaten Sintang demi terciptanya visi Kabupaten Sintang yang berkelanjutan,"jelas Ratri.

Penulis: Oktavianus Beny