Sekilas Info

Kasus GPdI Belungai Berbuntut Ke Jemaat

Jemaat Eben Heazer Tolak Pendeta Pengganti

Silas.

SINTANG | SenentangNews.com – Kasus dugaan rasuah yang menimpa pembangunan Gereja GpdI Jemaat Eben Heazer di dusun Belungai desa Semuntai kecamatan Sepauk merembet hingga ke masalah penolakan pendeta pengganti.

Menurut Sekretaris Gereja Bidang Pembangunan Silas melalui telepon, Senin (11/10/2021) siang, karena pendeta yang lama, yakni Pendeta JM menjadi salah satu tersangka dalam kasus tersebut serta masih ditahan oleh pihak Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat, pihak Majelis Daerah GpdI Kalimantan Barat telah menerbitkan sebuah Surat Tugas Pelayanan.

Masih kata Silas, dalam Surat Tugas Pelayanan No. 094/STP/MD-Kalbar/X/ 2021 tanggal 4 oktober 2021 tersebut, telah menugaskan kepada Pdm (Pendeta Muda, red) berinisial Snt. Atas Surat Tugas tersebut, sebanyak 56 orang jemaat telah menolak Pdm. Snt untuk menggantikan Pendeta JM. Penolakan tersebut, adalah hasil pertemuan pada Minggu, 10 Oktober 2021 di gedung gereja.

Saat ditanya apa alasan penolakan jemaat, Jika dibaca dengan teliti tidak ada yang salah dengan Surat Tugas tersebut, Dalam enam butir konsiderannya cukup jelas. Menjawab pertanyaan tersebut, Silas yang juga Kepala Urusan Wilayah Pemerintah Desa Semuntai ini menerangkan, memang tidak ada alasan yang salah dalam Surat Tugas tersebut, karena penggembalaan di GpdI Belungai harus dijamin keberlangsungannya.

“Yang ditolak jemaat bukan Surat Tugasnya namun adalah nama pejabatnya yang ditunjuk Majeli Daerah, yaitu Pdm. Snt. Karena Pdm. Snt adalah isteri dari Pendeta JM yang masih menjadi tersangka di Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat. Sepertinya tidak etis. Kami masih menunggu jawaban dari pihak Majelis Daerah atas adanya penolakan ini,” pungkas Silas.

Hingga berita ini diturunkan, pihak Majelis Daerah maupun Majelis Wilayah GPdI belum dapat dikonfirmasi atas adanya penolakan jemaat Eben Heazer ini.

Sebagaimana telah diberitakan banyak media, kasus dugaan rasuah di dalam pembangunan Gereja GpdI Jemaat Eben Heazer dusun belungai desa Semuntai kecamatan Sepauk ini, telah melibat empat orang tersangka antara lain TI, TM, JM dan SM.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas