Sekilas Info

287 Kades Dilantik, Yosepha Minta Komitmen dalam Bekerja

Plh Bupati Sintang Yosepha Hansana saat melantik 287 Kades Pilkada Serentak tahun 2029 di Indor Apang Semangai

SINTANG I SenentangNews.com- Plh Bupati Sintang Yosepha Hasnah melantik 187 kepala desa yang baru saja terpilih. Pelantikan pemimpin desa di 14 kecamatan itu digelar di Indor Apang Semangai, Kamis (7/10/2021).

Yosepha usai mengambil sumpah jabatan kepada 287 Kades mengucapkan selamat kepada mereka yang sudah dilantik. Yosepha mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada kades yang lama.

“Jabatan kades bukanlah merupakan tujuan akhir dari proses terpilih dan dilantik, melainkan saya sangat berharap tujuan akhir dari proses tersebut adalah terwujudnya kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di desa,” kata Yosepha.

Tak lupa juga Yosepha mengucapkan terima kasih atas jerih payah dan pengorbanan para anggota BPD dan panitia pemilihan kepala desa tingkat desa serta semua pihak yang terlibat dalam pemilihan kepala desa serentak tahun 2021 di Kabupaten Sintang.

"Tanpa peran serta saudara semua, pemilihan kepala desa tidak mungkin dapat terlaksana dengan baik. semoga segala upaya yang telah saudara-saudara dharma baktikan menjadi amal ibadah di sisi Tuhan Yang Maha Esa,"jelas Yosepha.

Dikesempatan itu pula, Yosepha meminta kepada seluruh kades dalam memimpin masyarakat, agar memiliki komitmen yang kuat, benar-benar memiliki niat yang tulus untuk bekerja dengan ikhlas. Sehingga dapat memberikan pengabdian terbaik bagi kemajuan desa.

"Saya mengajak kepada kepala desa terpilih, tidak hanyut pada euforia kemenangan saja, akan tetapi untuk segera melaksanakan tugas berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,"ucap Yosepha.

Dikatakan, sambil mengingatkan bahwa masa kepemimpinan kades selama enam tahun ke depan, merupakan sebuah pertaruhan bagi semua kades untuk membuktikan janji-janji saat kampanye Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

“Masa enam tahun bisa jadi tidak berarti sama sekali, kalau kades tidak memanfaatkan waktu tersebut untuk berbuat sesuatu yang berharga dan bermanfaat bagi masyarakat banyak,” ujarnya.

Ia menambahkan, kades sebagai figur utama kepemimpinan di desa, hendaknya dapat menjalin kebersamaan dengan seluruh unsur masyarakat. Itu untuk menggerakkan pemerintahan serta pembangunan desa.

“Kepala desa merupakan tokoh sentral dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Dengan terpilihnya saudara sebagai kepala desa maka akan menncerminkan besarnya harapan masyarakat akan adanya perubahan yang lebih baik. Berikan pelayanan kepada masyarakat, tanpa memandang siapa dan apa kedudukan orang tersebut,"pungkasnya.

Penulis: Oktavianus Beny