Sekilas Info

Persiapan Sudah 90 Persen

Dua Kepala Desa di Sintang Terancam Tak Dilantik

Herkulanus Roni

SINTANG I SenentangNews.com- Dari 291 desa yang melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Sintang pada 7 Juli 2021 lalu, 2 Kepala desa terancam tak dilantik pada tanggal 7 Oktober 2021 mendatang.

"Ada dua desa yang saat ini masih dalam proses sengketa di pengadilan yakni Desa Nanga Merkak dan Desa Tanjung Lalau,"kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Herkulanus Roni, belum lama ini di Gedung DPRD Sintang.

Menurut Roni pihaknya sejauh ini masih menunggu hasil keputusan pengadilan terkait dua desa yang masih bersengketa.

"Kalau hasilnya keluar sebelum tanggal 7 Oktober nanti maka kemungkinan akan bisa dilantik bersamaan. Kalau pun belum nanti akan kita jadwalkan setelah pelantikan tanggal 7 Oktober 2021 mendatang,"jelas Roni.

Dikatakan Roni saat ini pihaknya terus mematangkan persiapan Pelantikan Kades yang akan direncanakan di Gedung Indor Apang Semangai pada tanggal 7 Oktober 2021 mendatang.

"Untuk persiapan pelantikan Kepala Desa yang sudah dilakukan panitia Kabupaten mencapai 90 persen, itu termasuk jadwal maupun tempatnya mahpun pakaian yang akan digunakan. Itu semua sudah kita informasikan melalui surat bupati Sintang kepada masing -masing Camat dan Desa, "ucap Roni.

Dalam situasi Pandemi Covid 19, Lanjut Roni pelantikan kepada Desa serentak di Kabupaten Sintang juga menerapkan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat.

"Tanggal 5-6 akan dilakukan Swab yang akan dibagi menjadi empat lokasi oleh Dinas Kesehatan. Tanggal 6 Oktober juga akan dilakukan gladi bersih. Sementara yang akan melantik nanti Plh Bupati Sintang Yosepha Hasnah,"tutup Roni.

Penulis: Oktavianus Beny