Sekilas Info

Plh. Bupati Sintang Yosepha Sambut Baik Kegiatan Padat Karya Di UPBU Tebelian

Pandemi Covid-19 Pemerintah Daerah Bekerja Di Bawah Tekanan Anggaran

Plh Bupati Sintang Yosepha Hasnah saat menyematkan tanda peserta Padat Karya secara simbolik bersama Lasarus dan Maria Kristi dalam kegiatan Pembukaan Padat Karya Tahun 2021 di UPBU Tebelian Sintang

SINTANG | SenentangNews.com – Pandemi Covid-19 berdampak sangat luas terhadap penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan sektor kehidupan masyarakat. Dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, Pandemi telah menyebabkan kondisi tekanan dan ketidakpastian penerimaan negara dan penerimaan daerah.

Hal tersebut dikatakan Pelaksana Harian (Plh) Bupati Sintang Yosepha Hasnah, pada kegiatan pembukaan acara Padat Karya di Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) kelas II Tebelian Sintang, Sabtu (25/9/2021) siang.

Kita juga mengetahui bahwa telah terjadi penurunan anggaran transfer ke daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun 2020 dan 2021. Pada sisi yang lain secara keseluruhan 530 daerah di Indonesia mengalami penurunan pendapatan hingga 15,81 persen. Diantara penurunan itu komponen Pendapatan Asli Daerah (PAD) adalah yang paling tertekan. Diperkirakan PAD secara nasional turun 27,73 persen. Daerah memang tengah sangat sulit dari sisi perekonomian saat ini.

Kondisi tersebut juga terjadi di kabupaten Sintang. Dimana rata-rata pertumbuhan realisasi pendapatan daerah di Sintang mengalami pertumbuhan negatif di tahun 2020 dan 2021, sehingga lebih difokuskan pada percepatan penanganan Covid-19. Rata-rata pertumbuhan mengalami penurunan, karena berbanding lurus dengan anggaran yang tersedia yang mengalami banyak penyesuaian.

Begitu pula dengan sektor kehidupan masyarakat, terutama dibidang perekonomian telah menyebabkan terjadinya penurunan tingkat pendapatan masyarakat tidak kecuali di kabupaten Sintang.

“Tema kegiatan hari ini, yaitu Peran Serta Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Dalam Rangka Peningkatan Perekonomian Masyarakat Melalui Kegiatan Pendukung Program Padat Karya, tentunya kami atas nama pemerintah dan masyarakat kabupaten Sintang, menghaturkan terima kasih dan penghargaan yang setulus-tulusnya kepada Bapak Lasarus Ketua Komisi V DPRRI serta Direktur Anggkutan Udara Kementeriam Perhubungan RI yang telah berkenan melaksanakan kegiatan ini di kabupaten Sintang, secara khusus di UPBU Kelas II Tebelian Sintang,” ucap Yosepha Hasnah.

Kita tahu, tambah Yosepha, kehadiran Bandara Tebelian berdampak baik bagi peningkatan pendapatan masyarakat. Namun karena Pandemi, telah terjadi penurunan aktivitas di Bandara Tebelian dan telah menyebabkan penurunan kegiatan perekonomian masyarakat yang terkait langsung dengan aktivitas dan operasional Bandara Tebelian. Kami sependapat, bahwa program Padat Karya merupakan salah-satu kunci untuk memulhkan daya beli masyarakat sekaligus mengungkit ekonomi di tingkat daerah selama masa Pandemi.

“Program-program yang berkaitan dengan pemulihan ekonomi harus memberi prioritas pada pembukaan lapangan kerja melalui Padat Karya. Karena kalangan masyarakat berpenghasilan rendah, adalah kelompok yang paling terdampak akibat Pandemi Covid-19. Semoga kegiatan yang dilaksanakan hari ini dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan pendapatan masyarakat, khususnya masyarakat yang ada di sekitar UPBU Tebelian sehingga dapat menggerakan dan menggeliatkan perekonomian di daerah ini,” kata Plh. Bupati Sintang ini.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas