Sekilas Info

Suban: Jangan Ada Kubu-Kubuan di BPC HIPMI Sekadau

Wakil bupati Sekadau Subandrio berfose bersama usai membuka acara Muscab HIPMI BPC kabupaten Sekadau di Restoran Pondok Indah, Jumat (24/9/2021).

SEKADAU | SenentangNews.com- Badan Perwakilan Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia atau HIPMI Kabupaten Sekadau menggelar Musyawarah Cabang atau Muscab HIPMI ke II, di Restoran Pondok Indah, Jumat (24/9/2021).

Muscab yang mengusung tema Sinergitas HIPMI Sekadau dalam menopang kemajuan kabupaten Sekadau di era digital dibuka wakil bupati Sekadau Subandrio. Muscab tersebut bertujuan untuk memilih Ketua BPC HIPMI Sekadau yang baru dan kepengurusannya.

"Dimasa Pandemi saat ini semua sektor usaha mengalami penurunan, sehingga daya beli masyarakat pun ikut menurun karena kekurangan mata pencaharian. Maka dari itu perlu ada trobosan yang bijak untuk menjawabnya semua kesulitan ini,"kata Subandrio mengawali sambutannya.

Menurut Suban Hasil reales Badan Pusat Stastik (BPS) tahun 2020 mencatat bahwa kabupaten Sekadau termasuk lebih banyak menyumbangkan angka pengangguran di provinsi Kalimantan Barat.

"Untuk itu dengan trobosan baru yakni dengan program unggulan kita akan coba menaikkan penghasilan masyarakat, dengan program unggulan Infrastruktur Pertanian, Perkebunan, Perikanan untuk Kesejahteraan masyarakat (IP3K),"katanya.

"Mudah-mudahan dengan program ini semua kesulitan masyarakat bisa diatasi, karena hampir 85 persen masyarakat kabupaten Sekadau adalah petani, jadi untuk memperkenalkan program ini rasanya tidak sulit, sebab pemerintah akan selalu mendorong petani,"kata Wabup.

Dikatakan Suban di Sekadau ada kabar yang cukup menggembirakan bagi dunia usaha, karena saat ini kabupaten Sekadau mendapatkan rangking 1 di provinsi Kalimantan Barat sebagai kabupaten terbaik dalam menangani penyebaran covid-19.

Hal ini tentu berkat kerjasama semua pihak sehingga program vaksinasi berjalan dengan baik.
Jadi, dengan melandainya kasus masyarakat yang terpapar covid-19, maka dunia usaha juga sudah mulai menggeliat,"ungkapnya.

Terakhir mantan ketua KPU dua periode ini berpesan, agar dalam acara Muscab ini tidak ada kubu-kubuan dalam pemilihan ketua, karena jika terjadi dua kubu maka bisa menghambat kemajuan dunia usaha.

"Saya meminta agar pemilihan ketua baru dilakukan dengan demokrasi, siapa nanti terpilih tentu milik kita semua,"saran Wabup.

Sementara itu Sunadi ketua panitia Muscab ke II HIPMI kabupaten Sekadau, dalam penyampaian mengatakan, kurang lebih seminggu pihaknya mempersiapkan kegiatan Muscab.

"Di era digital ini banyak sekali muncul pengusaha muda, dengan memanfaatkan impormasi yang sudah ada, HIPMI berusaha mensinergikan program IP3K dengan program HIPMI,"katanya.

Dedi Iskandar, ketua HIPMI periode tahun 2018-2021 dalam sambutannya mengatakan,bahwa
Muscab tahun adalah lanjutan dari sebuah aturan main dalam BPC.
Karena salam Muscab itu nanti tujuannya untuk memilih ketua baru, untuk masa jabat 2021-2024.

"Saya berharap pada Muscab kali ini dapat memilih pemimpin yang amanah, demi masa kedepan HIPMI, sebab banyak tantangan yang dialami HIPMI di masa pandemi," katanya.

Sementara itu Ketua organisasi kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) BPD Sudirman mengatakan,bahwa HIPMI merupakan napas rasio pengusaha. Di negara maju jumlah pengusaha bisa mencapai 14 persen dari jumlah penduduk.

"Jadi, disebuah negara jika pengusahanya bisa berkembang dengan pesat artinya negara tersebut bisa cepat maju.Itulah tolak ukurnya," katanya.

Untuk anggota HIPMI kata dia lagi memang ada kategori usia, kategori masuk anggota HIPMI usia dibawah 41 tahun. Karena kata dia lagi, anggota HIPMI memang digembleng untuk dicetak menjadi pengusaha muda.

"Makanya berbanggalah menjadi anggota HIPMI, karena apapun usaha yang kita geluti tetap saja kita sebagai pengusaha muda dalam HIPMI," katanya

Sementara itu Ir. Iwan Gunawan, Dewan Kehormatan badan Pengurus Pusat (BPP) salam sambutannya singkat nya meminta kepada pemerintah daerah kabupaten Sekadau untuk selalu membimbing anggota HIPMI di kabupaten Sekadau. "Saya titip adik- adik saya di kabupaten Sekadau," pintanya.

Kontributor Daerah: Sutarjo