Sekilas Info

Wabub Sekadau Dorong Semua Desa Miliki TPA

Wakil Bupati Sekadau Saat Melaunching TPA di Desa Sungai Ayak Kecamatan Belitang Hilir, Selasa (21/9/2021) kemarin

SEKADAU | Senentangnews.com- Wakil bupati Sekadau Subandrio SH.MH melakukan Launching Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di desa Sungai Ayak 2 kecamatan Belitang Hilir pada Selasa (21/9) 2021 kemarin.

Dalam arahannya wabup mengatakan, desa Sungai Ayak merupakan satu dari 87 desa yang ada di kabupaten Sekadau yang memiliki TPA. Menurutnya Ini patut di apresiasi karena telah bergerak cepat untuk memperhatikan dampak lingkungan.

"Kita menyambut baik inovasi yang dilakukan oleh kades Sungai Ayak II. Ini merupakan satu - satunya desa di kabupaten Sekadau yang sudah memiliki TPA" kata wabup.

Dengan hadirnya TPA ini wabup berharap masyarakat tidak lagi membuang sampah ke sungai Kapuas sehingga pelestarian lingkungan bisa terjaga,"arap wabup.

Kepada kades wabup juga berpesan agar membuat regulasi berupa Perdes tentang persampahan. Mengenai armada angkutan sambung dia, jika ada bantuan dari pusat, ataupun Provinsi, desa Sungai Ayak dua akan menjadi prioritas pertama.

"Jadi kedepan saya berpesan kepada semua kades untuk membuat regulasinya sehingga apabila ada bantuan bisa langsung diajukan secepatnya,"pesan Wabub.

Camat Sungai Ayak Kresno Benyamin dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik atas di launchingnya TPA ini.

Lokasi TPA kata Benyamin sudah dilakukan pembebasan sejak lima tahun yang lalu dan baru hari ini mulai di funfsikan. Mudah - mudahan dengan di launchingnya TPA ini armada pendukungnya juga bisa di adakan harap Camat.

Sementara itu, kades Sungai Ayak 2 Jumadi dalam laporannya menyampaikan bahwa, pembebasan lahan ini murni merupakan hibah dan tidak di bayar sepeserpun.

Sebab kata kades lagi, salah satu indator Indek Desa Membangun (IDM) pada poin ke 30 adalah tempat pembuangan akhir (TPA) jadi kita telah memenuhi salah satu indikator IDM," pungkas kades.

Sementara itu Sumardi salah satu tokoh masyarakat Belitang hilir ketika ditanya awak media ini berharap agar pembangunan TPA ini dapat menciptakan lingkungan yang bersih.

"Partisipasi masyarakat juga sangat dibutuhkan yaitu dengan tidak membuang sampah sembarangan," ucapnya.

Kontributor Daerah: Sutarjo