Sekilas Info

Kabar Duka, Wabub Sintang Sudiyanto Meninggal Dunia

Sekda SIntang Saat Menggelar Jumpa pers bersama awak media di MCC Pemkab Sintang

SINTANG | SenentangNews.com- Wakil Bupati Sintang Sudiyanto dikarkan meninggal dunia sekitar di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta sekitar pukul 11.00 WIB, Sabtu (18/09/2021).

Meninggalnya orang nomor dua di bumi senentang ini dibenarkan oleh Seketaris Daearah Sintang Yosepha Hasnah saat menggelar jumpa pers bersama awak media di mini command center Pemkab Sintang pada Sabtu siang.

“Hari ini, 18 September 2021 tepat pukul 11.00 WIB, Wakil Bupati Sintang, Sudiyanto telah menyelesaikan tugasnya di dunia dan berpulang padaNya,”kata Sekda didampingi Asisten I Setda SIntang Yustinus, Kadis Kominfo, Kurniawan dan Kadis Dinkes, Hary Sinto Linoh.

Dikatakan Sekda endiang Wakil Bupati Sintang sebelumnya telah dirawat di Rumah Sakit Umum Dr. Cipto Mangunkusumo. Tanggal 16 September, kondisi kesehatan mendiang menurun, saturasi oksigennya juga menurun sehingga beliau dirawat di ICU.

“Jenazah nantinya akan dibawa ke Sintang dan akan di semayamkan di rumah dinas jabatan Wakil Bupati Sintang. Untuk info lebih lanjut, nanti akan kita sampaikan kembali,” katanya.
Saat ini kata Sekda, sedang dilakukan pemulangan jenazah ke Kabupaten Sintang menggunakan pasawat lion air.

“Untuk saat ini sudah tidak terkejar lagi, makanya akan diberangkatkan besok pagi sekitar pukul 06.00 Wib,”jelas Sekda.

Ditanya kapan akan dimakamkan, Sekda mengatakan belum mengetahui secara persis. “untuk informasi pemakaman akan kita diskusi lagi dedngan pihak keluarga , mungkin setibanya di Potianak akan kita infokan lagi,”ucap Sekda.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr. Harysinto Linoh mengungkapkan mendiang mengaku sakit dan dugaan awal menderita prostat. Mendiang sempat dirawat di RSUD Ade M. Djoen Sintang selama dua hari kemudian di rujuk ke RS. Antonius, Pontianak.

“Berdasarkan saran dokter ahli, akhirnya mendiang di rujuk di RSCM dan ternyata mendiang menderita Kanker Hati dan harus mendapatkan perawatan lebih lanjut. Mendiang seharusnya menjalani operasi namun tiga kali gagal karena kondisi kesehatannya yang menurun,” tuturnya.

Di RSCM kata Sinto Mendiang wabub Sintang didiagnosi menderita penyakit kangker hati. Hala tersebut lanjut Sinto membuat kondisi semakin menurun karena penyebaran sel kangker sampai ke paru-paru.
“Ini yang membuat kondisi beliau drop sesak nafas. Tapi Tuhan berkehendak lain yang membuat beliau harus berpulang,”beber Sinto.

Seperti diketahui Wakil bupati Sintang Sudiyanto maju mendampingi Jarot Winarno pada pemilu 2020 yang lalu. Saat itu Julukan JADI (Jarot Sudi) mengungguli dua pasangannya yakni Askiman- Hatta dan Yohanes Rumpak-Atot Syufryadi. Sudiyanto sendiri baru menjabat sebagai wakil bupati Sintang kurang lebih 8 bulan. Jarot Sudiyanto dilantik Gubernur Kalbar di Balai Petitih tanggal 26 Februari 2021 yang lalu.

Penulis: Oktavianus Beny