Sekilas Info

Wabup: OSS Percepat Perizinan Usaha

SEKADAU | SenentangNews.com- Pengurusan izin usaha di Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Ketenagakerjaan Kabupaten Sekadau kini semakin mudah dengan hadirnya sistem kelembagaan Online Single Submission (OSS).

Sistem lembaga yang hadir sejak tahun 2018 ini terintegrasi dengan berbagai instansi seperti Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil. Sehingga dipastikan akan memperlancar perizinan khususnya Usaha Kecil Menengah (UKM). Sebab, Melalui OSS, pihak pemohon bisa secara mandiri menginput kelengkapan berkas izin usahanya.

"Jika sudah memiliki ijin usaha, maka usaha kita aman dan memiliki perlindungan hukum dari persaingan yang tidak sehat,"kata wakil bupati Sekadau Subandrio saat membuka Bimtek Perijinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Online Single Submission (OSS-RBA) di Aula Gedung PKK jalan Merdeka Timur pada, Rabu (8/9/2021).

Dikatakan Suban begitu ia disapa dengan sistem OSS akan mempermudah pengembangan usaha termasuk untuk kerjasama dengan pihak lain atau mitra kerja serta memudahkan pemasaran produk.

"Saya berharap kegiatan seperti ini harus sering dilaksanakan agar semua pelaku usaha memiliki perijinan yang lengkap,sehingga bisa bersaing secara nasional. Masalah anggaran pelatihan,bisa di sesuaikan di dinas atau di GOW,"kat Suban.

Kepala Dinas PTSP dan Ketenagakerjaan Agustinus Agus menjelaskan,kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama antara dinas PTSP dan GOW kabupaten Sekadau.

Lebih lanjut Agus menjelaskan,ijin OSS menjadi sangat penting supaya semua pelaku usaha memiliki nomor induk berusaha (NIB) selain itu kepastian hukum juga terjamin terang Agus.

Di kabupaten Sekadau kata Agus, sosialisasi ini juga bertujuan untuk mendukung tercapainya visi dan misi Pemkab Sekadau yang berafiliasi dengan program IP3K yaitu kesejahteraan masyarakat.

"Kami beeharap sistem OSS yang sudah ada ini bisa dimanfaatkan masyarakat di Kabupaten Sekadau ini dalam rangka memperjelas proses perijinan,"jelasnya.

Ditempat yang sama Ketua GOW kabupaten Sekadau Ny.Wiwin Atriana Subandrio mengatakan bahwa GOW melakukan sosialisasi ini karena salah satu bidang dalam program GOW adalah bidang Ekonomi.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ekonomi bagi pelaku usaha mikro di bumi Lawang Kuari,"terang Wiwin Atriana.

Kontributor Daerah: Sutarjo