Sekilas Info

Aron Optimis Sekadau Bisa Jadi Lumbung Pangan di Kalbar

SEKADAU | SenentangNews.com- Bupati Sekadau Aron menyerahkan secara simbolis bantuan bibit cabe kepada kelompok Tani Makmur di Gang Mangga RT 22 Desa Mungguk, Minggu (22/8) kemarin.

Penyerahan bibit cabe Cakra beserta pupuk dan Herbisida tersebut didampingi ketua Tim Penggerak PKK Sekadau Ny. Magdalena Susilawati serta undangan lainnya.

Bupati Sekadau Aron dalam arahannya mengatakan, bahwa program unggulan dirinya bersama wakil bupati Sekadau adalah Infrastruktur, Perkebunan, Pertanian dan Perikanan untuk Kesejahteraan masyarakat (IP3K).
Program ini kata Aron, sepertinya mudah diterapkan, karena jika bicara pertanian masyarakat pasti tahu, bicara perikanan masyarakat tahu, bicara perkebunan masyarakat juga tau.

"Jadi seperti yang dilakukan kelompok tani Makmur ini saya rasa sangat baik, karena produk unggulannya selain semangka, melon, kacang, cabe dan timun juga ada sawi kampung. Menurut saya sawi kampung selain bisa langsung dijadikan sayur, juga bisa di buat sawi asin, jadi menurut saya merupakan peluang yang sangat bagus,"kata Aron.

Aron berharap agar kelompok Tani Makmur ini bisa mengambil peluang yang baik ini. Sebab saat ini kebutuhan akan sayur di kabupaten Sekadau sebagian masih di pasok dari luar Sekadau.

"Kita akan mengoptimalkan BPP untuk memonitor harga komunitas sayur mayur diluar kabupaten Sekadau termasuk ternak. Akan tetapi kita akan memperhatikan jaringan internet di BPP mana yang cocok.

"Saya minta agar kelompok Tani Makmur ini juga bisa berbagi ilmu dengan teman - teman lainya dari kelompok tani yang lain,agar semua bisa menanam dengan baik," harap Aron.

Ketua kelompok Tani Makmur Harmanto mengatakan, selain tanaman unggulan seperti cabe sawi kampung juga tak kalah penting dalam produk unggulan di daerah ini.

"Kami juga berkeinginan untuk melakukan integrasi dengan ternak maupun perikanan. Namun itu merupakan tujuan jangka panjang kelompok tani kami,"ungkapnya.

Untuk meningkatkan produktifitas petani, Hermanto berharap Pemkab Sekadau melalui Dinas DKP3 bisa mengadakan pelatihan bagi para petani di Sekadau khususnya di wilayah desa Mungguk.

"Saat ini kami hanya melakukan secara perorangan. Kami harap melalu pelatihan dan pembinaan yang dilakukan Dinas terkait bisa meningkatkan produktifitas hasil pertanian kedepannya,"harap Hermanto.

Kepala Dinas Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Sekadau Sande mengatakan dengan adanya kegiatan pertanian seperti ini kelompok tani makmur ini bisa mendukung program Pemkab Sekadau salam meningkatkan hasil produksi pertanian.

"Tentu kami dari pemerintah akan terus mendukung apa yang dilakukan oleh kelompok tani. Kami harap ini dapat dijadikan contoh baik dalam pengelolan pertanian yang berkelanjutan,"jelasnya.

Wakil ketua DPRD kabupaten Sekadau Handi berharap, selain memproduksi sayur mayur, kelompok Tani Makmur juga diharapkan mampu memberikan solusi maupun ide cemerlang kepada pemkab agar program IP3K yang dicanangkan Pemkab Sekadau bisa berhasil dengan baik.

"Desa Munggu ini saya rasa bisa menjadi contoh yang baik bagi daerah lain di Sekadau ini dalam meningkatkan hasil produksi pertanian,"pungkasnya.

Kontributor Daerah: Sutarjo