Sekilas Info

Tolak PT Grand, Masyarakat Sepauk Tempunak Audiensi dengan DPRD Sintang

SINTANG I SenentangNews.com-Sejumlah perwakilan masyarakat dari dua Kecamatan Sepauk dan Tempunak melakukan audiensi di kantor DPRD Sintang, Rabu (18/8/2021).

Kedatangan mereka tersebut menolak keras izin tambang yang dilakukan oleh PT The Grand Lj Fullerton Succesful di wilayah dua Kecamatan tersebut.

Kedatangan sebanyak 10 orang perwakilan itu di terima langsung Ketua DPRD Sintang Florensius Ronny didamping Wakilnya Hery Jamri serta beberapa anggota DPRD dari Dapil Sepauk Tempunak.

Dalam audiensi tersebut perwakilan warga di dua kecamatan tersebut menyerahkan 5 poin tertulis penolakan tambang emas kepada DPRD Sintang.

Menurut salah satu Juru bicara perwakilan masyarakat Vaulinus Lanan mengatakan bahwa pihaknya dengan tegas menolak beroperasinya tambang emas yang dilakukan oleh PT The Grand Lj Fullerton Succesful.

"Tempat tersebut menjadi lokasi seluruh masyarakat mencari nafkah untuk menghidupi keluarga dimana sudah sejak turun temurun sejak zaman nenek moyang kami,"kata Lanang.

Dikatakan Lanan sejauh ini baik pemerintah pusat, propinsi maupun perusahaan tidak pernah melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Hal tersebut lanjutnya sangat disayangkan.

Bahkan katanya ada beberapa bukit bahwa masyarakat pernah diusir dari daerah dimana kami ada. "Apa pun yang terjadi kami tetap menolak tambang emas yang akan dilakukan oleh PT The Grand Lj Fullerton Succesful,"ungkapnya.

Penolakan adanya tambang emas juga disampaikan Antonius, pihaknya menilai bahwa pemerintah harus bertanggung jawab atas persoalan yang terjadi dimasyarakat di dua kecamatan tersebut.

"Jangan sampai masyarakat yang menjadi korban dikemudian hari. Nah ini yang kita tidak inginkan,"jelasnya.

Anggota DPRD Sintang Maria Magdalena dari dapil Sepauk Tempunak ini menegaskan akan mengawal proses ini sesuai kemampuan dimiliki.

"Apapun keputusan masyarakat saya akan mendukung sebab kekuasaan penuh adalah masyarakat itu sendiri. Jadi saya dengan tegas menolak aktifitas tambang emas yang dilakukan oleh PT The Grand Lj Fullerton Succesful disana,"beber Maria.

Ketua DPRD Sintang Florensius Ronny berjanji akan segera menangani masalah tambang emas yang dilakukan oleh PT The Grand Lj Fullerton Succesful baik melalui komisi maupun Pansus.

"Kita juga akan memanggil pihak perusahan dan pemerintah untuk memperdalamnya lagi serta mencari benang merahnya. Kesimpulannya akan kita serahkan ke pemerintah daerah. Jadi itu kesimpulan akhirnya,"jelas Ronny.

Ronny berharap selama proses berlangsung masyarakat tidak melakukan aturan yang melanggar norma hukum yang berlaku. "Sehingga masalah yang akan diurus nantinya menjadi kabur,"tutupnya.

Penulis: Oktavianus Beny