Sekilas Info

Coffee Morning dengan Awak Media, PN Sintang Sebut Peran Insan Pers Sangat Penting

SINTANG I SenentangNews.com- Pengadilan Negeri Sintang menggelar acara Coffee Morning bersama insan pers, baik media online, media cetak maupun eletronik, yang tergabung dalam Ikatan Jurnalis Sintang (IJS), Senin (16/8/2021).

Kegiatan Coffee Morning atau minum kopi bersama ini diselenggarakan ruang ketua PN Sintang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Pengadilan Negeri Sintang, Johanis Dairo Malo mengapresiasi kinerja insan pers yang telah banyak memberikan kontribusi terhadap pembangunan di Sintang.

Menurutnya insan pers sangat penting posisinya dalam artian publisitas tidak hanya dipandang sebagai pencitraan melainkan hak dari masyarakat untuk mengetahui apa saja yang sudah dikerjakan oleh instansi pemerintah.

"Dalam hal ini kami PN Sintang merasa kewajiban yang harus dilaksanakan dalam memberikan publikasi terhadap masyarakat. Sehingga publik juga mengetahui apa yang dilakukan oleh PN Sintang khususnya dalam penegakan hukum. Ini yang kami rasakan masih sangat kurang,"jelasnya.

Fungsi ini kata Johanis hanya bisa dilakukan oleh teman-taman media dalam menjembatani pemberitaan sehingga masyarakat juga mengetahui apa saja yang sudah dilakukan oleh PN Sintang.

"Oleh karena itu kemi juga menggandeng teman-teman pers untuk memberitakan apapun putusan entah yang bisa diterima secara baik ataupun tidak. Kalau baik bisa menjadi motivasi dikemudian hari jika pun tidak itu bisa menjadi catatan untuk memperbaiki diri dikemudian hari,"ungkapnya.

Ditempat yang sama Ketua Ikatan Jurnalis Sintang Hery Sumitro Lingga mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh PN Sintang dalam menjalin komunikasi bersama para wartawan.

"Kami berharap komunikasi ini bisa terus berkesinambungan sehingga komunikasi dapat terjalin dengan baik dan dapat ditingkatkan lagi kedepannya,"kata Lingga.

"Wartawan adalah mitra bagi pemerintah dan lembaga apapun yang ada di Sintang, semoga hubungan baik ini dapat meningkatkan kinerja wartawan agar dalam menulis pemberitaan dapat berjalan dengan baik sehingga putusan-putusan yang dilakukan oleh PN Sintang juga bisa diketahui oleh masyarakat luas,” tutup Lingga.

Penulis: Oktavianus Beny