Sekilas Info

Gerakan CU Keling Kumang

Segera Tuntaskan Penguatan PK Di Ketungau Hulu dan Ketungau Hilir

Saat sesi Paulus Miki memberikan materi Penguatan PK pada tanggal. 9 Agustus 2021 di Kantor Sentral. Nampak PK dari kawasan perbatasan tidak hadir karena hambatan cuaca ekstrim.

SINTANG | SenentangNews.com – Meskipun jadwal acara Penguatan Pangkalan Kolektor (PK) oleh Gerakan CU Keling Kumang (GCUKK) telah selesai, masih ada sejumlah PK yang belum mengikuti. Yaitu PK di BO-BO yang berada di kecamatan Ketungau Hulu dan Ketungau Tengah.

Menurut Paulus Miki, pimpinan di Marketing, Public Relation and Researche Development (MPR-RD) sebagai Ketua Panitia, walau jadwalnya telah habis namun tetap akan dilakukan susulan. Ini mengingat betapa pentingnya materi penguatan yang harus disampaikan. Maka Penguatan PK di BO-BO yang berada di kawasan perbatasan tersebut tetap harus dilaksanakan. Ini instruksi dari Chief Executive Officer GCUKK Valentinus dan Ketua Dewan Pengurus Stefanus Masiun

Ketidak hadiran para PK dari wilayah tersebut pada tanggal 9 Agustus lalu, karena mereka terhalang oleh dampak hujan deras selama dua hari tanggal. 7-8 Agustus. Dan mengingat kondisinya demikian, maka GCUKK lah yang akan medatangi mereka.

Ini Jadwal Penguatan PK Yang Telah Dilaksanakan:
Tanggal 2/8: Area V (Membawahi 9 BO) tempat di Putussibau.
Tanggal 3/8: Area VII, (Membawahi 9 BO) tempat di Aula BO Simpang Pinoh
Tanggal 4/8: Area IV (Membawahi 9 BO) tempat di Aula BO Rumah Sepan Nanga Pinoh.
Tanggal 5/8: Area III (Membawahi 10 BO) tempat di Aula BO Sekadau Bersatu Sekadau
Tanggal 6/8: Area I (Membawahi 9 BO) tempat di Aula Kantor Pusat Tapang Sambas
Tanggal 7/8: Area III (Membawahi 10 BO) tempat di aula BO Sanggau
Tanggal 9/8: Area II (Membawahi 10 BO) tempat di kantor sentral Baning Kota Sintang

Latar belakang dari digelarnya acara penguatan PK di tujuh area tersebut, menurut Paulus Miki adalah terkait keputusan Rapat Anggota Luar Biasa (RALB) pada tanggal 19 Juni 2021 lalu. Dimana RALB tersebut telah menghasilkan pola kebijakan (Poljak) baru selaras dengan regulasi dari Kementerian Koperasi. Hingga saat ini, baru Keling Kumang yang telah mengikuti regulasi tentang Koperasi Simpan Pinjam (KSP).

Tujuannya, agar semua informasi terbaru perkembangan KSP CUKK dapat tersampaikan oleh para PK kepada anggota secara detil. Anggota sangat berperan penting terhadap perkembangan lembaga yang sekarang bernama KSP CU Keling Kumang.

“BO-BO yang berada di ketungau Hulu dan Ketungau Tengah, semuanya berada dibawah koordinasi Area II, yang telah melaksanakan Penguatan PK pada tanggal 9 Agustus lalu. Untuk penyelenggaraan susulan, akan ditentukan apakah akan diselenggarakan di Senaning atau di Nanga Merakai,” terang Paulus Miki.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas