Sekilas Info

Stefanus Masiun Rektor Institut Teknologi Keling Kumang

Suasana saat Penandatanganan Naskah Pelantikan Rektor Institut Teknologi Keling Kumang.

SEKADAU | SenentangNew.com – Setelah melalui rapat yang cukup alot pada bulan September 2020 lalu, akhirnya Dewan Pengurus dan Dewan Pengawas Yayasan Pendidikan Keling Kumang (YPKK) telah menunjuk Dr. Drs Stefanus Masiun, SH, ME sebagai Rektor Institut Teknologi Keling Kumang (ITKK).

Menurut Ketua Dewan Pengurus YPKK Redemtus Musa, S.Pd.Mat, MM.Pd, meski keputusan rapat telah diputuskan sejak bulan September 2020, SK tersebut ditandatangi pada bulan Juni 2021. Kemudian SK diserahkan bersamaan dengan digelarnya acara Pengucapan Sumpah dan Janji/Pelantikan Rektor ITKK di Aula YPKK Jalan Keling Kumang, Sekadau, tanggal. 5 Agustus 2021.

Acara pelantikan selain dihadiri oleh Ketua Pengurus YPKK Redemtus Musa, Direktur YPKK Adilbertus AS, juga dihadiri oleh segenap Dewan Pengurus dan Dewan Pengawas YPKK. Nampak hadir Dewan Pembina YPKK yang terdiri dari Drs. Munaldus, MA, Pastor Bartolomeus Tolo, Pr dan A. Persius, S.Sos. Undangan dari pemerintah Kabupaten Sekadau hanya Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sekadau, Losianus.

Sementara dari Gerakan CU Keling Kumang namkak hadir juga Chief Executive Officer (CEO) Valentinus dan Deputy CEO Bidang Non Koperasi Hilarius Gimawan. Pihak panitia menjelaskan, karena situasi Pandemi Covid-19 belum ada tanda-tanda membaik, pada acara bersejarah ini YPKK tidak mengundang banyak orang.

Usai acara pelantikan, Stefanus Masiun sempat mengatakan kepada media ini, bahwa ITKK didirikan dalam cita-cita membangun kampung halaman dan wilayah timur Kalimantan Barat. Kemudian bersama pemerintah dan berbagai komponen masyarakat, turut meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Pendidikan adalah salah satu unsur penting dalam membangun IPM. Yaitu dengan menyiapkan generasi muda yang cerdas intelektual, cerdas emosional, cerdas adversitas, dan cerdas spiritual, sehingga diharapkan mampu membangun peradaban," ucapnya.

Di tempat yang sama, Direktur YPKK Adilbertus. AS menjelaskan bahwa ITKK memiliki tiga Program Pendidikan (Prodi). Yaitu Prodi Agroteknologi, Prodi Rekayasa Komputer dan Prodi Entrepreneurship atau Kewirausahaan.

Prodi Agroteknologi dibuka, mengingat di Kalimantan Barat pada umumnya dan Kabupaten Sekadau khususnya, sebagian besar masyarakatnya hidupnya dari sektor pertanian dan perkebunan, khususnya sekarang ini tanaman sawit.

Untuk Prodi Rekayasa Komputer dibuka karena di era teknologi informasi ini, teknologi computer merupakan kebutuhan kekinian. Terlebih dunia IT sangat digemari oleh kaum milenial dan merupakan tuntutan dunia kerja masa kini.

“Sedangkan untuk Prodi Entrepreneurship atau Kewirausahaan dibuka untuk mempersiapkan kaum muda agar memiliki jiwa mandiri, tidak hanya berharap mencari pekerjaan, tetapi justru menciptakan lapangan pekerjaan, Sehingga diharapkan mampu menghasilkan generasi muda yang mandiri, kreatif, inovatif dan mapan,” pungkas Adilbertus.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas