Sekilas Info

Aron: Jangan Malu Jadi Petani

SEKADAU I SenentangNews.com- Bupati Sekadau, Aron mengajak kalangan anak muda untuk tidak malu menjadi petani. Menurutnya menjadi petani merupakan pekerjaan yang mulia. Hal tersebut dikatakan Aron saat menghadiri penanaman Jagung perdana dilahan milik kelompok tani Bina Usaha di desa Mungguk kecamatan Sekadau Hilir kabupaten Sekadau, Kamis (22/7/2021).

Aron mengatakan,bahwa sektor pertanian terbuka bagi siapa pun, terutama bagi kalangan anak muda. Untuk itu katanya, pihaknya juga mengajak anak muda untuk menjadi petani milenial di miliknya sendiri.

Apalagi, Aron meyakini bahwa petani dengan kemampuan dan wawasan tentang pertanian yang baik akan mendukung terwujudnya cita-cita kedaulatan pangan di dalam negeri. Bahkan lanjutnya lima tahun kedepan dirinya bersamawakil bupati akan memprioritaskan pembangunan pada bidang pertanian, sesuai dengan program pemerintah daerah.

"Sesuai dengan program kami yakni IP3K, maka kami 5 tahun kedepan tetap fokus ke bidang pertanian," kata Aron.

Kedapan lanjut Aron alat-alat pertanian yang tidak difungsikan akan ditarik, kemudian akan diberikan kepada kelompok tani yang sangat membutuhkan.
Karena di tengah masa pandemi seperti saat ini sektor pertanian adalah sektor yang tepat untuk dikembangkan.

"Jangan berputus asa jadi petani, saya juga anak petani. Sudah banyak anak petani yang sudah sukses, yang penting kita semangat dan bisa bersaing. Kami pemerintah Daerah kabupaten Sekadau selalu mensuport," ungkap Aron.

Sementara itu ditempat yang sama, ketua kelompok tani Bina Usaha, Abdul Lahir berharap ada perhatian dari kepala dinas dan bapak bupati, untuk memberi bantuan kepada kelompok tani.

"Kami harap kepala Dinas dan bupati Sekadau untuk bisa memberikan bantuan kepada kelompok tani kami," pintanya.

Sementara itu, kepala desa mungguk, Abang Irwandi menjelaskan jumlah kelompok tani yang ada di desa Mungguk sebanyak ada 11 kelompok, sedangkan Gapoktan ada satu.

"Di desa Mungguk, terdapat 11 kelompok tani dan 1 poktan termasuk kelompok tani Bina Usaha ini," kata kades.

Sementara itu, kepala Dinas Ketahanan Pangan Perikanan dan Pertanian (DKPPP ), Sandae mengajak seluruh kelompok tani agar bisa bersama-sama, untuk mensukseskan program pemerintah Daerah kabupaten Sekadau.

"Saya mengajak kelompok tani agar kita bersama-sama mensukseskan program pemerintah IP3K. Terutama kelompok tani jagung Bina Usaha ini, dan saya harap teman-teman PPL untuk bekerja maksimal," pinta Sandae seraya akan mensuport kelompok tani Bina Usaha di desa Mungguk kecamatan Sekadau Hilir.

Kontributor Daerah: Sutarjo